Festival Budaya Kepulauan Batu, Pertunjukkan Berbagai Atraksi

Nias Selatan, Bidikkasusnews.com - Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH membuka acara Festival Budaya Kepulauan Batu yang merupakan bagian dari kegiatan Sail Nias 2019, Selasa (17/09/2019) dilapangan upacara Kecamatan Pulau-Pulau Batu.

Turut hadir : Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH, beserta Nyonya, Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan Sidi Adil Harita, S.Sos., MA, Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jun Lucky Boy Siburian,SE., M.Tr.Hanla, Dandim Nias,,Asisten, Staf, Kepala OPD, sejumlah wisatawan mancanegara, Camat Se-Kepulauan Batu dan ribuan masyarakat yang turut menyaksikan pertunjukkan atraksi budaya tersebut.

Camat Pulau - Pulau Batu yang juga Ketua Panitia pelaksanaan Festival Budaya Kepulauan Batu, Tukairi Bawaulu menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mempromosikan kearifan lokal masyarakat Kepulauan Batu dalam meningkatkan kegiatan masyarakat dan pembangunan Pariwisata di Kabupaten Nias Selatan khususnya di Kepulauan Batu, ujarnya.

Beberapa atraksi Budaya yang dipertunjukkan pada Festival Budaya Kepulauan Batu Kabupaten Nias Selatan, yakni : 1. Atraksi Budaya Tome Nitema (Manahe, Mame Afo, Tari Perang dan Malaya), Tari Salapan adat Pesisir Pulau Batu, Tari Fonandia, Tari Miti-miti, Tari Famoro Sagu dan Tari Fondau Lumo-lumo.

"Adapun tujuan pelaksanaan Festival Budaya Kepulauan Batu ini, untuk mempromosikan kearifan lokal masyarakat Kepulauan Batu untuk meningkatkan kegiatan masyarakat dalam pembangunan Pariwisata di Kabupaten Nias Selatan, khususnya di Kepulauan Batu", ujar Tukairi Bawaulu.
Dalam Arahan sekaligus Pembukaan Festival Budaya Kepulauan Batu Kabupaten Nias Selatan oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH mengatakan dengan pelaksanaan Sail Nias 3019 yang dirangkai dengan Pesta Budaya dan kejuaraan Surfing Internasional, kiranya daerah kita ini dapat menjadi industri Pariwisata, ujarnya.

Dan akan kita kembangkan terus menerus, tidak berhenti sampai disini dan kiranya menjadi momen gerak laju ekonomi yang menyentuh masyarakat. Pelaksanaan pesta budaya ini bukan akhir, akan tetapi awal daripada Pelaksanaan-pelaksanaan Tahunan di Kabupaten Nias Selatan

Hal ini sudah saya sampaikan kepada Kadis, Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, agar masuk dalam kalender dan kalau boleh di Kalender Nasional di Kementerian Pariwisata. Sehingga para wisatawan dapat mengetahui jadwal-jadwal pelaksanaan pesta budaya di Kabupaten Nias Selatan, harap Hilarius Duha.

Pada kesempatan itu, dia menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kepulauan Batu mari bekerjasama, Kita tidak dapat bekerja sendiri-sendiri. saya yakin dan percaya kalau semua bekerja sama, baik dari : Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita dan ASN hasilnya akan maksimal, cetusnya. 
(Sabar Duha)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami