Kurang Gedung Sekolah Negeri, Abdul Latief Lubis: Pendidikan Di Medan Bagian Utara Butuh Perhatian

Medan, bidikkasusnews.com – Masalah pendidikan di Provinsi Sumatera Utara masih mengalami sejumlah tantangan sekaligus keterbatasan. Anggota dewan Abdul Latief Lubis dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera mengaku, di Medan bagian utara masih minim gedung sekolah SMP maupun SMA Negeri antara lain di Medan Marelan, Medan Deli, Medan Labuhan, dan Medan Belawan.

” Di Marelan hanya ada SMAN 16, SMA juga minim di Labuhan hanya dua SMAN 9 dan SMAN 19, kalau SMK juga minim itu SMKN 12, di belawan dan medan deli tidak ada. Tapi disana sudah tercover dengan ada nya yang swasta SMA Hangtuah Belawan, yang negri engak ada,” papar Legislator Dapil II tersebut (25/11).

Sementara itu, SMPN yang berada di dapil II tersebut hanya ada SMPN 20 di Medan Marelan dan SMPN 44 di Medan Labuhan. “Sementara paling riskan itu di Medan Deli engak ada sama sekali gedung SMPN,” ujarnya.

Dengan jumlah 9.000 jiwa penduduk di Medan Utara, masyarakat masih keluhkan sarana pembangunan sekolah SMPN maupun SMAN Negri yang terbatas.

“Mereka mengeluh pengadaan SMPN dan SMAN di Medan Deli yang tak ada sama sekali, mereka berharap Pemko Medan dan Dinas Pendidikan untuk membangun sarana SMP maupun SMA Negri di Medan Utara,” paparnya.

Angka siswa putus sekolah masih tinggi di Medan Utara yang tidak tamat sekolah dan tidak melanjutkan pendidikan karena faktor ekonomi dan kesadaran orang tua. Sehingga mereka lebih memilih bekerja di usia yang masih muda.

“Banyak, kalau kita lihat di Labuhan, Deli, Belawan banyak kita dapati seperti itu. Mereka sudah berasumsi paling bisa tamat SD, selesai itu melaut ya mungkin ekonomi mereka menengah kebawah, langsung cari pekerjaan cuci boat gitu,” katanya.

Lebih lanjut, Abdul Latief berharap Pemerintahan Kota Medan dapat membangun sarana sekolah SMPN maupun SMAN di Medan Utara dengan APBD yang tidak sedikit.

“Kalau saya berharap, sebagaimana kita ketahui APBD anggaran yang cukup banyak. Berharap semoga Pemko Medan komitmen mengarahkan anggaran lebih banyak untuk sarana pendidikan di Medan Utara. Dengan cara pembangunan pendidikan terutama sarana SMP maupun SMA Negri yang minim,” ungkapnya. (Ayu)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami