Program Arisan Jamban di Kec.Aek Nabara Barumun Cukup Berhasil

Padang Lawas, bidikkasusnews.com - Dalam rangka meningkatkatkan kesadaran masyarakat tentang Kesehatan,Puskesmas Aek Nabara Barumun bekerja sama dengan Camat Aek Nabara Barumun, melihat masih banyaknya Rumah Tangga yang tidak memiliki Jamban di desa desa sementara biaya untuk pembuatan jamban sangat besar,membuat masyarakat masih banyak yang buang air sembarangan sehingga bisa mengganggu kesehatan warga.

Melihat dari ekonomi masyarakat masih banyak yang belum bisa membuat jamban keluarga.

Sehubungan dengan itu digulikanlah program arisan "Jamban" di desa desa diwilayah Kec. Aek Nabara Barumun.

Menurut Keterangan Salah seorang warga di Desa Aek Nabara Tonga kepada Wartawan, Program ini sangat membantu mereka untuk membuat Jamban keluarga.
Agus Pasaribu (Petugas Puskesmas) Aek Nabara Barumun mengatangakan mereka membentuk kelompok Arisan jamban dengan jumlah 10 Orang perkelompok dengan bayaran Rp.50.000. per minggu,berarti dengan dana Rp.500.000 satu jamban keluarga bisa selesai.

Di Kecamatan Aek Nabara Barumun sudah banyak kelompok ini terbentuk, sehingga dalam waktu dekat, buang air semarangan akan bisa teratasi.

Camat Aek Nabara Barumun Bincaruddin berharap kepada desa desa lain untuk melanjutkan program ini karena pengerjaan dari pembuatan jamban ini dikerjakan secara "Gotongroyong" dengan demikian kegiatan ini bisa menanamkan budaya Gotongroyong di tengah tengah masyarakat kita yang selama ini menjadi budaya masyarakat Indonesia.
(Ali Sakti Hasibuan)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami