Muspika Kecamatan Barumun Tengah Resmikan Posko Pemeriksaan Antisipasi Penyebaran Covid-19

Padang Lawas, bidikkasusnews.com - Dalam rangka menindak lanjuti Perintah Bupati Padang Lawas, Muspika Kecama tan Barumun Tengah yang terdiri dari Camat Barumun Tengah Dan Ramil 10 Binanga, Kapolsek Barumun Tengah, meresmikan Posko Pemeriksaan Pencegahan Penyebaran Covid-19. Yang bertempat di Mapolsek Barumun Tengah.

Peresmian Posko ini dibuka oleh Camat Barumun Tengah Syamsuddin.dan selanjutnya pengarahan dan pemaparan tugas dari posko yang di jelas kan oleh Kapus Binanga. Dr.Mandayani Harahap.

1.Kendaraan yang akan melintas yang menuju Kab.Palas akan diberhentikan dan para penumpang diturunkan oleh petugas (Dinas Perhubungan dan Polri).

2.Penumpang diarahkan menuju Tempat cuci tangan yang sudah disediakan (Satpol PP).

3.Saat Penumpang cuci tangan dilakukan Desinfektasi kepada kenderaan yg digunakan. Hal ini dilakukan oleh petugas BNPB dan TNI.
4.Para penumpang diarahkan menuju meja pencatatan yang diarahkan oleh petugas Kecamatan.

5.Dilakukan pemeriksaan pengkuran suhu tubuh dan tindakan yang lain termasuk pengarahan setelah sampai ketujuan agar melapor kepada Perangkat desa atau posko desa,(oleh Petugas Kesehatan).
6.Penumpang yang tidak memiliki gejala dianjurkan melanjutkan perjalanan sementara penumpang yang memiliki gejala dan riwayat perjalanan dari kota yang terjangkit atau kontak dengan orang yg positif Covid-19 untuk dilakukan screning RDT-COVID-19 jika hasil negatif dianjurkan untuk melanjutkan perjalanan,Apabila positif  ,maka akan dilakukan Rujukan ke Rumah Sakit Darurat atau RS Rujukan COVID-19.(Team TGC Piskesmas).

7.Tenaga Kesehatan membuat laporan/ pemcatatan setiap ship kepada Kepala Puskesmas,untuk disampaikan ke Dinas Kabupaten.

8.Setiap petugas personil diwajibkan mengginakan Alat Pelindung Diri berupa Masker dan Sarung tangan/ handscoon,dan menerapkan Phiscal Distancing dalam pelaksanaan posko.

Posko seperti ini juga diadakan di empat Kecamatan di Padang Lawas,1. Kecamatan Huta Raja Tinggi yang berbatas dengan Rohul,2. Kecamatan Sosa Timur. 3.Kecamatan Sosopan,4. Kecamatan Barumun Tengah.

Hal ini dilakukan Pemda Padang Lawas dengan harapan memutus rantai penyebaran COVID-19 di Padang Lawas.
(Ali Sakti Hasibuan)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami