Penularan Covid-19 Terus Meningkat, Komisi II DPRD Medan Nilai Penyemprotan Disinfektan Kurang Efektif

Medan, bidikkasusnews.com - Komisi II DPRD Kota Medan mempertanyakan keefektifan penyemprotan disinfektan yang selama ini dilakukan dalam penanganan Covid-19 di Kota Medan. Lantaran hingga kini, angka penularan Covid-19 terus meningkat.

Pernyataan ini dilontarkan Wakil Ketua Komisi II , Sudari ST usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan di Ruang Rapat Komisi II DPRD Medan, Selasa (23/6/2020).

Kata Sudari, BPBD harus melakukan evaluasi terkait penyemprotan disinfektan di ruang publik. Koordinasi dengan ahlinya, apakah formula yang dibuat sesuai atau tidak. "Jangan-jangan tidak efektif penyemprotan disinfektan ini, karena kurva penyebaran Covid-19 terus naik," jelas dia dalam RDP yang dihadiri anggota dari Fraksi Nasdem, Afif Abdillah dan Fraksi PKS, Dhiyaul Hayati ini.

Selain itu, disoroti juga anggaran biaya pemakaman Covid-19 yang mencapai Rp 880 juta. Jumlah korban warga Medan hanya 103 orang. Dengan biaya sebesar 5 juta per jenazah, harusnya biaya yang dikeluarkan untuk warga Medan hanya sekitar Rp 515 juta. Sisa anggaran sebanyak Rp 365 juta untuk pemakaman sebanyak 87 orang warga bukan Medan harusnya bisa ditagihkan ke pemerintah daerahnya.

Sementara, Afif Abdillah menuturkan dalam hal penyemprotan disinfektan, harus ada standar 14 hari disinfektan di titik yang sudah terbukti ada PDP ataupun yang positif. "Kalau memang setelah di test di lingkungan tersebut tidak ada yg positif setelah 14 hari maka wilayah tersebut sudah bisa dikatakan relatif steril," terangnya.

Daftar Rekapitulasi Pengeluaran Covid-19 yang diserahkan BPBD Kota Medan kepada Komisi II DPRD Medan, telah dikeluarkan dana sebesar Rp 7,08 miliar untuk penanganan Covid-19. Dana terbesar digunakan untuk belanja pengadaan cairan disinfektan, hand sanitizer dan hand soap senilai Rp 3,19 miliar. Kemudian biaya pengadaan APD, pompa, toa dan wastafel senilai Rp 1,81 miliar. Serta biaya pemakaman senilai Rp 880 juta.

Penuturan Sekretaris BPBD Kota Medan, Nurly, dana yang dianggarkan Rp 9,22 miliar untuk penanganan Covid-19 di BPBD. Saat ini, yang sudah terealisasi sebanyak Rp 7,08 miliar. "Dana termasuk juga untuk uang minyak, uang lelah ASN, Satgas dan TNI/Polri dengan nilai sekitar Rp 1 miliar," terangnya. (Ayu)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami