Kunjungan Kerja Komisi Irigasi Sumatera Utara Ke Kabupaten Samosir (Kantor Bappeda)


Samosir, bidikkasusnews.com - Bertempat di kantor Bappeda kabupaten Samosir Rabu, 17-3-2021 pukul 11.00 wib, awak media bidikkasusnews.com sempat mewawancarai bapak Timor Sitorus yang adalah anggota dari Komisi Irigasi yang merupakan perwakilan dari kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Saat awak media menanyakan hal kehadiran rombongan di kantor Bappeda Kabupaten Samosir, beliau menjelaskan bahwa rombongan merupakan pengurus dan anggota dari Komisi Irigasi dan diakui bahwa beliau merupakan perwakilan dari Kabupaten Tobasa.

Berada di tempat yang sama awak media juga langsung mewawancarai bapak Wayan yang mengakui bahwa beliau di Komisi Irigasi merupakan Wakil Sekretaris di Propinsi Sumatera Utara.
Saat ditanyakan hal apa itu Komisi Irigasi maka beliau menjelaskan bahwa Komisi Irigasi adalah Satu Badan yang dibentuk dengan fungsi dan tujuan sebagai penyampai usulan dari pada masyarakat kepada pemerintah provinsi dan pusat dalam hal ini Dinas dan Kementerian PUPR yang membidangi Irigasi.

Keberadaan Komisi Irigasi dianggap sangat penting untuk mendukung tugas pemerintah didalam setiap upaya meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat terutama bagi masyarakat petani.

Jelas di ketahui bahwa pertanian sangat membutuhkan adanya Irigasi yang baik.
Oleh karena itu untuk membuat Komisi Irigasi dapat bekerja dengan tugas dan fungsi yang maksimal dan dapat di bentuk di setiap daerah maka Keberadaan Komisi Irigasi di Tetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor : 17/PRT/M/2015 Tentang Komisi Irigasi.



Secara kongkrit disampaikan beliau, Komisi Irigasi seharusnya memiliki anggota di setiap pemerintah Tingkat II (Kabupaten/Kota).

Dalam hal ini diharap agar pemerintah daerah tersebut membentuknya atau dalam kata lain Bupati dan Walikota melalui Ketua Bappeda bisa menunjuk orang yang akan di rekomendasikan kepada Komisi Irigasi agar menjadi anggota Komisi Irigasi mewakili daerah masing masing.

Dijelaskan pula bahwa Komisi Irigasi akan bekerja sebagai mitra pemerintah dalam hal ini Dinas PUPR.
Dengan adanya Komisi Irigasi  di daerah masing masing maka akan lebih mudah dan akan lebih cepat dalam pelaksanaan : Pembangunan, Pemeliharaan dan Perbaikan terhadap irigasi yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat terutama masyarakat petani di setiap daerah.

Bapak Wayan menjelaskan bahwa rombongan baru saja selesai melaksanakan rapat bersama Kepala Bappeda Kabupaten Samosir yaitu bapak Rudi Siahaan, beliau menjelaskan bahwa sengaja melaksanakan kunjungan kerja di kabupaten Samosir dan menyampaikan kepada pemkab samosir dalam hal ini Kepala Bappeda agar kabupaten Samosir juga memiliki perwakilan di Komisi Irigasi guna mendukung seluruh kinerja pemerintah  kabupaten Samosir dalam pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan irigasi di kabupaten Samosir.


(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami