Musrenbang Penyusunan RKPD Kab. Samosir 2022 Menyesuaikan Pada Prioritas Nasional, Provinsi, Isue Strategis Kabupaten Samosir Dan Janji Politik Bupati/W. Bupati Terpilih


Samosir, bidikkasusnews.com - Bertempat diruang kerja Kepala Bappeda Kabupaten Samosir awak media bidikkasusnews.com bersama dua orang rekan media lainnya melaksanakan confirmasi langsung dengan Kepala Bappeda bapak Rudi M. Siahaan Senin, 22-3-2021 pukul 11.30 wib.

Konfirmasi, wawancara langsung mengenai rencana pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kabupaten Samosir yang direncanakan akan diadakan pada tanggal 25/26-3-2021 yang akan mengambil tempat di Hotel JTS Desa Siopat Sosor Parbaba Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

Diawali dengan pertanyaan atas isue pembatasan bagi peserta yang di izinkan, diundang dalam kegiatan Musrenbang tersebut, kepala Bappeda kabupaten Samosir bapak Rudi Siahaan menjelaskan, bahwa pembatasan tersebut memang sengaja dilakukan guna pelaksanaan penerapan Protokoler Kesehatan sehubungan dengan wabah virus covid 19.

Namun pemerintah (panitia) juga berencana untuk melengkapi peralatan berupa layar yang akan memastikan masyarakat, juga rekan media dan LSM yang datang dan tidak bisa masuk atas keterbatasan tersebut bisa menyaksikan langsung dilokasi lokasi yang akan disiapkan panitia bersama pengelola Hotel JTS.

Menyangkut rencana materi Musrenbang penyusunan RKPD 2022, Kepala Bappeda bapak Rudi M. Siahaan menjelaskan bahwa musrenbang tahun ini akan menyelaraskan antara Prioritas Nasional, Provinsi, Isue Strategis Kabupaten Samosir saat ini serta Janji Politik yang disampaikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dimasa kampanye.

Ditambahkan bahwa untuk penyusunan RKPD 2022, bahwa saat ini pemerintah kabupaten samosir sudah menggunakan aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang mana seluruh kendali aplikasi ini ada di kementerian dalam negeri.

Sedangkan untuk para Nara Sumber yang diundang dan direncanakan hadir dalam kegiatan musrenbang kali ini antara lain :
Pertama Kementerian PU (Kepala Pusat Wilayah I/Balai Pengembangan Struktur Wilayah yang Juga merangkap sebagai CPNO KSPN Super Prioritas Nasional.
Kedua Para Perwakilan Kementerian PU di provinsi Sumatera Utara diantaranya :
- Kepala BPJN
- Kepala Balai Wilayah Sungai
- Kepala Balai Prasarana Pemukiman
- Kepala Balai Pelaksana Perumahan
- Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara
Serta Kepala BPS Kabupaten Samosir untuk menjelaskan Indikator Makcro, yang mana untuk tahun 2021 sudah dapat kita lihat dan agar mereka bisa menjelaskan rencana capaian di tahun 2022.

Sedangkan Gubernur Sumatera Utara yang sudah kita undang, sudah memberi jawaban bahwa akan diwakili oleh Kepala Dinas Bina Marga Sumatera Utara.

Bastian Simbolon kabiro bidikkasusnews.com sempat menanyakan hal dimana Rencan Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) akan berakhir di tahun 2021 ini, ditanyakan apakah penyusunan RPJMD juga menjadi prioritas pemerintah saat ini.
Dengan tegas disampaikan bapak Rudi Siahaan "benar bahwa penyusunan RPJMD merupakan prioritas pemerintah saat ini, dan kita sudah melaksanakan tahapannya yakni sudah dimulai sejak tahun 2020 yang lalu yakni Rancangan Tehknokrat dan sudah selesai tahun lalu dan di tahun ini tahapan selanjutnya adalah Kajian Lingkungan Hidup Setrategis (KLHS) yang akan dilakukan secara simultan dengan berkoordinasi dengan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih. Yang mana semestinya setelah 6 bulan dilantik maka RPJMD harus sudah selesai disusun.


(Bastoan Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami