Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2021 Berlangsung Di Halaman Mako Polres Samosir Dipimpin Wakapolres Samosir

Samosir, bidikkasusnews.com - Wakapolres Samosir Kompol R. Affandi memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Keselamatan Toba 2021 dan komandan apel Ipda Benyamin Silaban, di Halaman Mapolres Samosir, Senin 12-4-2021.

Turut hadir dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops. Keselamatan Toba Sekda Drs. Jabiat Sagala, Ketua DPRD Samosir, Saut M. Tamba, Kajari Samosir yang diwakili Kasi Pidum M. Kenan Lubis, Sekretaris Dinas Kesehatan Samosir, J. Sitanggang, Kadis Perhubungan diwakili Margaret J. Simbolon, Plh. Kasatpol PP Samosir, Sahat Situmeang, para Kabag, Kasat, Kapolsek, perwira dan seluruh personil Polres Samosir dan Polsek jajaran.

Wakapolres Kompol R. Affandi menjelaskan adapun tema Ops Keselamatan Toba 2021 yakni “Kita Wujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan Meningkatkan Disiplin Protokol Kesehatan serta Tidak Melaksanakan Mudik Lebaran Tahun 2021 di Wilayah Hukum Polres Samosir”.

“Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk hadir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mandiri Kewilayahan Keselamatan Toba 2021,” kata Kompol R. Affandi membacakan arahan dari Kapolda Sumatera Utara.

Ia menjelaskan, apel gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta menghambat penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Wakapolres yang sangat akrab dengan kalangan insan pers menuturkan bahwa Ops Keselamatan Toba 2021 merupakan operasi kepolisian mandiri kewilayahan yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai, Senin 12-4-2021 s/d Minggu 25-4-2021.

Fokus operasi kepolisian ini adalah masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum ataupun pribadi, lokasi atau ruas, jalan yang rawan kemacetan, pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta kegiatan berlalu lintas masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Dalam pelaksanaanya, operasi ini akan melibatkan 2.299 personel yang terdiri atas 150 satuan tugas Polda serta 2.149 satuan tugas kewilayahan.

“Kekuatan personel tersebut akan tersebar di seluruh wilayah kabupaten/kota se-Sumatera Utara. Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah dengan mengedepankan pendekatan (Aksi) preventif yang dikombinasi cara cara persuasif yang humanis,” ucapnya.

Sebagaimana dengan rencana operasi kepolisian mandiri kewilayahan Keselamatan Toba 2021 dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Kita juga dihadapkan dengan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Indonesia, hingga tanggal 09 april 2021 tercatat 1.558.145 kasus positif, 1.405.659 dinyatakan sembuh serta 42.348 meninggal dunia. Sementara di provinsi sumatera utara, tercatat 27.998 kasus positif, 24.726 dinyatakan sembuh dan 928 meninggal dunia,” terangnya.

Menyikapi hal tersebut, pada Ops Keselamatan Toba 2021 kali ini, Polri juga akan melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, diantara upaya yang dilakukan yaitu melakukan pemetaan lokasi penyebaran virus Covid-19.

Kemudian, melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya penyebaran virus covid melalui kegiatan sosialisasi, pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melaksanakan edukasi dan penerangan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam
Mematuhi protokol kesehatan.

“Peserta apel gelar pasukan yang saya hormati, dalam kesempatan yang penuh semangat dan rasa kebersamaan ini, untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Masih dikatakannya, pastikan setiap personel yang telah ditugaskan untuk paham tugas dan tanggung jawabnya. Lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titik kerawanan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta penyebaran Covid-19.

Selanjutnya, laksanakan tugas dengan profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan melalui penerapan buddy sistem. Mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Toba 2021. Teriring doa semoga pengabdian tugas yang saudara tunjukkan dalam pelaksanaan operasi ini, menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Selesai apel gelar pasukan kemudian dilanjutkan dengan Lat Pra Ops di Aula Wira Satya Polres Samosir.


(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami