Komisi I Minta Pemko Medan Tambah Dana Pemberitaan Media Cetak dan Online

Medan, bidikkasusnews.com - Untuk menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tufoksi) pengawasan kinerja para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Komisi I DPRD Medan melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Kominfo Kota Medan, di ruang Komisi I Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Selasa (8/6/2021).

Dihadapan Rudiyanto (PKS), Parlindungan Sipahutar (Demokrat), Sahat B Simbolon (Gerindra), Abdul Latif (PKS), Abdul Rani (PPP), Edi Saputra (PAN), Mulia Syahputra (Gerindra), yang merupakan Ketua serta Anggota Komisi I DPRD Medan, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kota Medan Zain Noval, S.STP. MAP mengatakan, untuk terwujudnya informasi data yang akurat untuk kemajuan Kota Medan, diharapkan ada penambahan biaya kerjasama pemberitaan.

“Saat ini Dinas Kominfo menerima anggaran sekitar 37.441.650.580 miliar. Yang nantinya akan direalisasikan untuk menunjang dan sosialisasi kinerja Walikota Medan, baik melalui media cetak dan online,” katanya.

Dimana, sambung Noval, saat ini ada lima program kegiatan unggulan yang akan dikerjakan oleh Dinas Kominfo Medan yang sudah dicapai sekitar 23.9%. “Diantaranya, Program Informasi dan Komunikasi Publik (10.887.900.776), Program Aplikasi Informatika (13.850.400.000), Program Penyelenggaraan Statistik Sektoral (126.000.000) dan Program Penyelenggaraan Persandiaan Pengamanan Informasi (533.200.000),” jelasnya.

Sementara itu, usai mendengar penjabaran dari Kadis Kominfo, Ketua Komisi I Rudiyanto mengungkapkan, dimasa pendemi Civic -19 saat ini, apakah program yang ditergetkatkan bisa terwujud.

“Jagan target yang akan dicapai nantinya tidak maksimal, sehingga dapat menghambat kinerja Walikota Medan. Oleh sebab itu, Pemko Medan bisa merealisasikan penambahan dana kerjasama pemberitaan tersebut,” ucapnya.

Kembali Noval menjelaskan, untuk mensosialisasikan seluruh program kerja Pemko khususnya yang akan dikerjakan Dinas Kominfo, sudah disosialisasikan oleh media Cetak maupun Online yang terdaftar dan bekerja sama pemberitaan dengan Dinas Kominfo Medan.

“Untuk itu kami berusaha, apabila pemberitan maupun yang dinaikkan oleh 80 media Online ini, dalam waktu satu bulan sudah bisa kami bayarkan. Dan kami juga berharap, untuk kedepannya ditambah anggaran buat kerjasama dengan media bisa ditambah. Dimana besarnya dana kerjasama dengan media saat ini bervariasi,” tukasnya .

Dikesempatan ini, Abdul Latif juga meminta, agar semua program yang sudah tergetkan oleh Walikota Medan Bobby Nasution bisa sampai kepada masyarakat. “Menurut saya, kerja Walikota Medan kurang disosialisasikan oleh Dinas Kominfo kepublik. Kalau dana publikasi untuk media Cetak dan Online cukup, pasti beritanya tercover semua. Dan kalau kurang, segera ajukan ke DPRD untuk penambahan anggarannya,” terangnya.

Diakhir rapat, Ketua Komisi I DPRD Medan Rudiyanto merekomendasikan, agar Pemko Medan menampung usulan tambahan anggaran kerjasama pemberitaan Dinas Kominfo dengan Media Cetak dan Online ditahun depan. “Kita juga ingin, taraf hidup teman wartawan yang berunit di Pemko maupun di DPRD Medan bisa terakomodir dengan baik. Tanpa mereka, mana mungkin kinerja Walikota dan Dewan bisa tersampaikan ke masyarakat,” pungkasnya. (Ayu)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami