Kapolres Padang Lawas Ikut Memeriahkan Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 62


Palas, bidikkasusnews.com - Polres Palas Dalam rangka memperingati dan memeriahkan peringatan hari bhakti adhyaksa ke 62, Kapolres Padang lawas AKBP INDRA YANITRA IRAWAN, S.IK, M.Si turut menghadiri upacara peringatan yang dimaksud.Upacara tersebut diselenggarakan di Lapangan Kantor Kajari Padang lawas dengan tema “Kepastian hukum, humanis menuju pemulihan ekonomi", Jum'at (22/7/22).

Kepala Kejaksaan Negeri Sibuhuan TEUKU HERIZAL S.H,M.H dalam amanat yang dibacakannya mengatakan bahwa Peringatan HBA ke-62 tanggal 22 Juli 2022 ini dimeriahkan oleh lomba karya tulis ilmiah dan sebagainya Selain dilaksanakan di Kejaksaan RI, lomba ini juga diadakan di Kejaksaan tiap wilayah. 

Hari Bhakti Adhyaksa merupakan hari ulang tahun atau peringatan berdirinya Kejaksaan RI. Sejarah Kejaksaan dimulai sejak Kerajaan Majapahit. Pemerintahan Majapahit sudah memiliki semacam sistem pengadilan dengan "dhyaksa"yang bertugas menangani masalah peradilan.

Sebutan "jaksa" saat ini merujuk pada bahasa sansekerta tersebut. Ada juga istilah "Adhyaksa" atau Hakim Tertinggi yang memimpin dan mengawasi para Dhyaksa.


Lanjut dikatakan, Setelah era reformasi bergulir, Kejaksaan berupaya memperbaiki diri menjadi lembaga yang lebih mandiri dan bebas dari intervensi. Untuk memperkuat perubahan tersebut, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1991 pun diperbarui menjadi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004. Dalam Undang-Undang No.16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI, Pasal 2 ayat (1) ditegaskan bahwa Kejaksaan R.I merupakan lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara dalam bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang. 

Kejaksaan sebagai pengendali proses perkara (Dominus Litis) yang mempunyai kedudukan sentral dalam penegakan hukum. Hanya institusi Kejaksaan yang dapat menentukan apakah suatu kasus dapat diajukan ke Pengadilan atau tidak berdasarkan alat bukti yang sah menurut Hukum Acara Pidana. Pada masa reformasi pula Kejaksaan mendapat bantuan dengan hadirnya berbagai lembaga baru untuk berbagi peran dan tanggung jawab.

Kehadiran lembaga-lembaga baru dengan tanggung jawab yang spesifik ini menjadi mitra Kejaksaan dalam memerangi korupsi dan tindak pidana lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Padang lawas,para kasat polres Padang lawas,Ketua DPRD Padang lawas,Sekda kabupaten Padang lawas ,Pabung 0212/TS, Kepala rumah tahanan negara Sibuhuan, Ketua pengadilan negeri,Ketua pengadilan agama, Bpk Darwin Hasibuan,Ibu Nelliani Hasibuan,Ny Gundur Daulay ,Ny Pohan,Ny Adanan Daulay,Ny Andolan Rambe. 

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan pemotongan tumpeng,acara syukuran dengan ramah tamah sebagai bentuk rasa syukur sekaligus berharap kinerja seluruh staf kejaksaan semakin profesional.

Sementara itu, Kapolres Padang lawas disela-sela kegiatan juga mengucapkan selamat kepada pihak kejaksaan atas bertambahnya usia yang ke 63 semoga lebih profesinal dan jurdil serta Dengan tema kepastian hukum, humanis menuju pemulihan ekonomi. 

(humas polres Palas/Effendi Pohan)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami