Statement Penasehat Ahli Plt Bupati Kuansing Mendapat Kecaman dari Wakil Ketua FPII Kuansing


KUANSING, bidikkasusnews.com - Statement Penasehat Ahli Plt. Bupati Kuansing bidang Infokom, Urdianto Paboun di salah satu media Online Rabu (13/7/2022) menuai kontroversi di kalangan Jurnalis.  Sejumlah jurnalis di Kuansing-Riau menilai statement tersebut seakan membelenggu  kreatifitas dan indepensi  para Jurnalis Kuansing yang melakukan peliputan dan pemberitaan,  terutama pemberitaan yang menyangkut sororan terhadap kinerja “Penguasa” Kuansing.

“Saya menyayangkan Statement Urdianto Paboun di salah satu media Online,  yang mengatakan untuk tidak menyudutkan Plt. Bupati Kuansing," ujar Dian Andhika Illahi ST, Wakil Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Kuansing.

Menurutnya, hal tersebut termasuk model statement  yang bermaksud menyetir independensi wartawan dalam menulis.

Dikatakan, sebaiknya sebagai senior di jurnalis, jangan berbahasa seperti itu, karena  secara tidak langsung  statement tersebut sudah melemahkan kinerja wartawan Kuansing.  "Apalagi setiap media itu tidak berdiri sendiri, media memiliki  perangkat organisasi, seperti Pemred, editor, dan lain- lain," ujarnya.

DIan Andika menilai, secara alami dan  dari sisi idealisme, tugas media bukanlah membela pemerintah. Itu adalah tugas humas pemerintah. “Tugas pers bukanlah untuk menjilat penguasa, tapi untuk mengkritik yang  berkuasa jika memang keliru atau salah dalam kebijakannya.”tegas Andhika. 

Seorang Penasehat Bupati itu sebaiknya jangan berstatement tendensius, artinya kalau menurut pepatah Minang  " Alun Takilek, alah takalam”, ujung - ujungnya untuk kepentingan Plt. Bupati.  "Biarkan rekan-rekan Wartawan berkreasi, melakukan sosial kontrol dengan produk pemberitaan dan tetap berpedoman kepada kode etik Jurnalistik," tutup Wakil Ketua FPII kuansing ini. 

(FPII Korwil Kuansing/red) 

Artikel Terkait

Riau|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami