PA Gelar Bimtek DPRA Dan DPRK Di Agara


Kutacane, bidikkasusnews.com - Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota (DPRK) seluruh Aceh yang dipusatkan di Alas Hill, Bukit Mbarung, Babussalam Kutacane, Aceh Tenggara, pada 20 Sampai dengan 21 September 2022.

Dan tema bimtek tersebut yaitu “Pedoman dan Teknik Pembentukan Perundang-Undangan”.

Ketua Umum DPA Partai Aceh H. Muzakir Manaf, dalam pidatonya menyebutkan bimtek ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Partai Aceh (PA) untuk semua kadernya yang ada di parlemen, baik tingkat Aceh maupun kabupaten/kota di seluruh Aceh.

Dan bimtek tersebut dilaksanakan secara bergilir agar semua kabupaten/kota bisa menjadi tuan rumah, sebut, Mualem yang biasa di sapaan Muzakir Manaf.

Lanjutnya, Ini bimtek kedua yang dilaksanakan PA pasca pandemi Covid-19. Sebagaimana biasanya, dengan harapan kepada seluruh peserta dapat menambah wawasan, pengetahuan dan bekal ilmu untuk diaplikasikan dalam melaksanakan fungsi dan tugas sebagai anggota dewan yang penuh tanggungjawab sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan masing-masing.

Muzakir Manaf juga berharap nantinya hasil dari pada pelaksanaan bimtek ini, semakin terwujud kekompakan sesama anggota dewan utusan Partai Aceh (PA) baik DPRA mau pun DPRK seluruh Aceh dalam rangka memperjuangkan kemajuan masyarakat Aceh dari berbagai sudut kehidupan, terutama sekali dalam menjaga, mengawasi dan menyelesaikan berbagai regulasi yang bersifat ke-Aceh-an.

Sesuai amanat perdamaian MoU Helsinki 15 Agustus 2005 antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan, konon lagi dalam menyikapi upaya perubahan UU PA di level DPR RI yang telah dimasukan dalam program legislasi nasional (prolegnas), Mualem mengingatkan, harapnya.

Mualem juga mengatakan, sesuai dengan visi Partai Aceh, membangun citra positif berkehidupan politik yang menjunjung tinggi nilai-nilai Nota Kesepahaman (MoU) Helsinki antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), maka Partai Aceh menjadi pelopor dalam mewujudkan cita-cita Aceh, kita yang sudah menduduki di kursi legislatif mesti meningkatkan kualitas dan sinergitas agar siap mengemban amanah melayani dan membela kekhususan Aceh.

Atas nama Ketua Umum DPA Partai Aceh, dalam kesempatan ini menekankan kepada seluruh anggota DPRA dan DPRK utusan Partai Aceh agar dapat berperan aktif dalam menciptakan iklim yang kondusif dalam mensejahterakan rakyat Aceh secara menyeluruh melalui rumusan-rumusan regulasi atau qanun-qanun Aceh.

Untuk menuju pada tahapan ini, tentunya semua anggota DPRA dan DPRK utusan Partai Aceh wajib bersinergi satu sama lain, baik lintas daerah pemilihan (dapil) mau pun lintas tingkatan, sehingga setiap masyarakat merasai kehadiran Partai Aceh dalam setiap momen kerja kedewanan, katanya.

Dalam kesempatan ini, Mualem juga menginstruksikan kepada seluruh mantan kepala daerah usungan PA yang sudah habis masa jabatannya di seluruh kabupaten/kota agar bisa mencalonkan diri sebagai anggota DPRA pada pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang, bahkan PA harus bisa mencapai lima puluh persen lebih kursi di tingkat DPR Aceh. Kader PA harus fokus pada perolehan kursi DPRA dan DPRK kali ini, begitu juga untuk Aceh Tenggara agar bisa memperoleh kursi tambahan, tegasnya.

Di penghujung sambutannya, Mualem mengajak semua warga Aceh Tenggara dan pemerintah daerah untuk sama-sama mempromosikan wilayahnya ke level nasional dan internasional, karena Aceh Tenggara memiliki lokasi wisata alam yang lebih dari wilayah lain. Apalagi, di sini juga destinasi wisata islami yang ditandai dengan adanya pusara sang ulama besar dan raja.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh (PA) Yahdi Hasan Ramud, mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara Bimbingan Teknis (Bimtek) yang di selenggarakan di Kabupaten Aceh Tenggara ini.

Sebelum menuju ke lokasi pusat pelaksanaan bimtek dilaksanakan, Ketua Umum DPA Partai Aceh H. Muzakir Manaf terlebih dahulu di tepung tawari oleh tokoh ulama Aceh Tenggara Tgk. H. Syarkawi. Selanjutnya, Mualem menunggangi kuda untuk mengelilingi beberapa ruas jalan utama seputaran pusat kota. 

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami