Bupati Langkat Bersama Anggota DPRD Langkat Tampung Aspirasi Warganya, Segera Bangun Infrastruktur Jalan Di Desa Securai Selatan


Langkat, Bidikkasusnews.com - Masyarakat Desa Securai Selatan, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat mendatangi kantor DPRD Langkat. warga yang datang mewakili masyarakat Sendayan I dan Sendayan II mengadukan nasib mereka yang sangat resa terkait akibat l puluhan tahun lamanya jalan penghubung keberapa Desa dan Kecamatan Sendayan I tidak kunjung di bangun Pemerintahan Kabupaten Langkat.

Bahkan tidak hanya jalan, beberapa orang perwakilan masyarakat Desa Securai Selatan juga menyampaikan kelangkaan pupuk dan sangatlah sulitnya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar untuk petani. 

“Jadi ada beberapa usulan warga, pertama jalan tidak pernah di bangun, irigasi, pembangunan rumah sekolah menuju satu atap, pupuk dan BBM Solar untuk petani. Dimana kita ketahui sangat langkah pendistribusian pupuk tidak jelas di Desa kami, sehingga pupuk langka nyampai ke kelompok tani atau petani.” Kata Manurung.


Warga juga heran bahwa selama 70 tahun tinggal di Desa Securai Selatan, Kecamatan Babalan hingga anak- anak kami sekolah tumbuh dewasa jalan tersebut belum pernah disentuh oleh instansi terkait terutama sekali Bupati Kab.Langkat, padahal Desa Securai Selatan katagori dalam lumbung padi percontohan Kab.Langkat terbesar penghasilan padi. akibatnya ratusan hektar hasil padi mengalami busuk akibat akses jalan yang digunakan untuk membawa hasil panen tidak dapat dilalui akibat jalan rusak parah bang.sampai-sampai kendaraan saja tidak bisa lewat dan sering terbenam. Tidak pernah tersentuh sudah lebih 70 tahun bang. sekitar 6-7 km itu jalannya bang. Karena jalannya rusak parah, hasil panen kami tidak bisa kami jualkan ke kilang, karena akses jalan yang dilalui truk pengangkut hasil panen kami tidak bisa lewat” kata Situmorang selaku perwakilan warga dan juga Kepala Dusun I Desa Securai Selatan.

Sementara dalam pertemuan awal itu, Anggota DPRD dari Partai PDI- Perjuangan yang juga Sekretaris DPRD Langkat, Sandrak Manurung sangat menyesali Masi ada di Daerah Pemilihannya (Dapil) masih ada jalan yang tidak pernah tersentuh pembangunan sama sekali oleh Pemkab Langkat.

“Kita akan upayakan bagaimana jalan itu bisa di bangun. Karena jalan ini panjang, dan tidak cukup anggaran Pemkab Langkat, jadi kita minta di usulkan ke Pusat melalui anggaran APBN. Dan nanti kita akan temui langsung Ketua DPRD Kab.Langkat, Ibu Sribana Perangin angin” Ujar Sandrak, Rabu, (2/11/2022).


Ketua DPRD Langkat, Sribana Perangin Angin bertemu dengan utusan perwakilan masyarakat di ruangan kerjanya merasa kecewa karena masih ada Desa di Kabupaten Langkat yang belum pernah ada pembangunan jalan sama sekali, padahal termasuk lokasi percontohan lumbung padi terbesar di Kab.Langkat.

“ Kita harus panggil Dinas dan Instansi terkait . agar lokasi tersebut ditinjau harus ditinjau mereka ini. Padahal lumbung padi terbesar di Langkat ini kenapa tidak bisa di bangun mereka. Nanti akan kita surati Dinas Pertanian, PU dan Dinas Pendidikan Langkat, Dinas PMD dan Dinas terkait agar kita panggil mereka dan kita sampaikan keluhan itu supaya terealisasi.minimal mana yang prioritas untuk di bangun.”kata Sribana.

Bahkan Perwakilan masyarakat Desa Securai Selatan tersebut juga menyampaikan keluhan mereka kepada PLT Bupati Langkat, M.Syah Afandi yang diterimanya langsung di ruangan rapat bupati Langkat yang di hadiri langsung oleh Kepala Desa Sendayan I,Camat Babalan, Fajar Afrianta Sitepu,SE, Dinas PU kabupaten Langkat,Khairul Azmi, dan Dinas Pertanian Kabupaten Langkat, Henri Tarigan.

Dalam pertemuan itu, warga menyampaikan keluhannya yang hingga kini tidak pernah dibangun oleh Pemerintahan Kabupaten Langkat, padahal lokasi yang di usulkan dalam musrembang adalah lokasi percontohan lumbung padi terbesar di Kabupaten Langkat.

Mendengar hal itu, Bupati Langkat, Syah Afndi langsung menerima beberapa keluhan warga masyarakat dan akan memprioritaskan usulan dan laporan warga Desa Securai Selatan.

“Jadi tahun ini cuma 120 milyar untuk jalan kita realisasikan. Karena jalan itu panjangnya sampai 7 Km. jadi nanti akan kita mohonkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Jadi disini sudah langsung dihadiri oleh kepala Dinasnya masing-masing. Insyaallah akan secepatnya kita mohonkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK)” Kata Plt Bupati Langkat.

Anggota DPRD Langkat, Sandrak Herman Manurung Saat diwawancara wartawan mengatakan kami selaku anggota DPRD Kab.Langkat bersama ketua DPRD Langkat dan bapak Bupati Langkat akan berupaya merealisasikan dan prioritaskan pembangunan infrastruktur, baik itu jalan dan pertanian sesuai yang diharapkan warga Desa Securai Selatan.

“ Disitu kami bersama warga sudah berupaya bertemu dengan Ketua DPRD Langkat dan PLT Bapak Bupati Langkat. Jadi Bapak Bupati juga telah berupaya untuk membangun infrastruktur jalan dan pertanian sesuai yang diharapkan warga. Kebetulan itu adalah tempat kelahiran saya, dan kampung halaman saya. Jadi saya akan perjuangkan hak rakyat, khususnya di Desa saya tersebut.mudah-mudahan di tahun ke II pembangunan infrastruktur ini khususnya jalan akan terlaksana melalui anggaran APBN yang akan diusulkan oleh Dinas PU Kab.Langkat” dikatakan Sandrak. 


(M. Parulian . Simanjuntak)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami