PILKADES SERENTAK GELOMBANG KETIGA 17 KECAMATAN


Padang Lawas, bidikkasusnews. Com - Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang Ketiga tahun 2022, sebanyak 259 Calon Kepala Desa (Cakades) dari 102 Desa yang akan dipertarungkan di Kabupaten Padang Lawas, ikuti pelaksanaan Deklarasi Damai, disaksikan oleh Sekda Padang Lawas Arpan Nasution S.Sos bersama Wakapolres Kompol JW Sijabat SH, Asisten I H.Panguhum Nasution MAP, Plt Kadis PMD M.Faisal Amrin Siregar S.AP MM dan Camat se-Padang Lawas, Kamis (8/12/22) bertempat di Aula Hotel Al Marwah Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan.

“pilkades serentak yang akan kita laksanakan ini adalah sebuah pesta demokrasi. Mari kita jadikan pesta demokrasi berjalan dengan baik, aman, tertib dan damai. Tetap jaga persaudaraan di desa masing – masing. Jangan sampai karena pelaksanaan pilkades nanti terjadi tindak kiriminal apalagi saling memfitnah”. 

AZP, yakin setiap desa dibangun dengan kearifan local yang baik. oleh karena itu, apabila ada permasalahan, tuntaskan dengan baik, bermusyawarah dan bermufakatlah bersama kahanggi, anak boru dan mora seperti yang sudah terbiasa dilakukan selama ini di desa masing-masing.  

Satu hal mendasar yang harus dipahami calon kepala desa bahwa menang atau kalah adalah wajar dalam proses demokrasi. Kita harus legowo hal ini harus disikapi dengan bijaksana, artinya siapapun yang akan terpilih nantinya tetap harus didukung penuh terutama untuk mensukseskan pembangunan di desanya masing – masing. dikakatak oleh Ahmad Zarnawi Pasaribu yang dibacakan Sekda Padang Lawas Arpan Nasution S.Sos.

Pada kegiatan ini, para cakades mengucapkan deklarasi secara bersama-sama dipandu oleh Calon kades Batu Gajah Kecamatan Ulu Sosa, Tondi Ashari Lubis, dengan menyatakan bahwa akan menjaga penyelenggaraan Pilkades agar dapat berjalan dengan baik serta bersaing dengan sehat dan penuh sportifitas.

Deklarasi ini pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan situasi kondisi yang aman dan kondusif sebab dalam pelaksanaannya akan terjadi berbagai dinamika yang disebabkan oleh perbedaan pemahaman terhadap ketentuan sehingga berpotensi menimbulkan perbedaan pendapat. Oleh karena itu, Plt Kadis PMD M.Faisal Amrin Siregar S.AP MM melalui Kabid Pemdes M. Yusuf Hutajulu ST, mengatakan setiap cakades agar bersikap yang sportif, beretika dan berkompetisi secara sehat dan jujur. dia mengatakan agar setiap pihak seperti panitia pilkades, kepala desa, camat agar turut berkontribusi aktif menjaga kondusifitas dan ketertiban pendukung di wilayahnya masing-masing.

sementara itu ditempat yang sama secara khusus, M. Yusuf juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK M.Si beserta Jajarannya yang telah menginisiasi pelaksanaan deklarasi pilkades damai ini sembari mengharapkan agar pihak Kepolisian memberikan pengamanan penuh pada setiap proses dan tahapan Pilkades di Kabupaten Padang Lawas.

(Effendi Pohan) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami