SAIL 2019 AKAN DISELENGGARAKAN DI NISEL

Nias Selatan, Bidikkasusnews.com - Pelaksanaan Sail Tahun 2019 di Kepulauan Nias yang akan diselenggarakan di Kabupaten Nias Selatan, membutuhkan anggaran minimal 60 milyar. Anggaran tersebut diperuntukan untuk membangun sejumlah infrastruktur dan sarana prasarana lain untuk mendukung suksesnya event bertaraf nasional itu, ujar kata Bupati Nias Selatan DR. Hilarius Duha, SH., MH kepada sejumlah Wartawan, Selasa (27/11) di Rumah Dinas Bupati Nisel Jl. Pancasila Kelurahan Telukdalam.

Perhelatan ini nantinya direncanakan akan digelar selama 2 minggu dan akan dirangkai dengan berbagai pagelaran budaya Kepulauan Nias dan lomba surfing serta beberapa kegiatan lainnya. tujuannya kegiatan ini, untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan Manca Negara muaranya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati Nias Selatan, DR. Hilarius Duha, SH., MH menguraikan bahwa, untuk menyukseskan event tersebut, membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, seperti untuk pengaspalan jalan hotmix dari Kota Telukdalam menuju pantai Sorake Kecamatan Luahagundre, pembangunan drainase dibeberapa titik kota Telukdalam, penataan kota Telukdalam dan pemasangan lampu jalan dari Kota Telukdalam pada beberapa titik hingga ke Sorake.

Belum lagi sarana pendukung lainnya seperti pembangunan tembok penahan pantai sekaligus penataan pantai Sorake, penambahan alat transportasi dan kebutuhan lainnya yang diperlukan dalam perhelatan tersebut nantinya. Memang akan kita tampung juga sebagaian dana event itu melalui APBD. namun tidak seperti jumlah anggaran yang dibutuhkan karena anggaran kita terbatas dan masih banyak juga kebutuhan pembangunan prioritas.

Dia menambahkan bahwa, kalau hanya mengandalkan anggaran dari APBD terkait pelaksanaan event itu, ya jelas tidak mampu. Selain itu, kita masih belum tau berapa jumlah anggaran yang akan di berikan dari Pusat maupun Propinsi untuk mendukung penyelenggaraan event ini. Yang intinya, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan sudah menyiapkan proposal tentang pelaksanaan Sail Nias ini dan kita juga sebagai tuan rumah sudah siap melaksanakannya. mengenai sarana penginapan bagi para tamu dan pengunjung saat pelaksanaan event itu, minimal 400 lebih kamar harus disiapkan, cetus Hilarius Duha. (Sabar Duha)

Artikel Terkait

Berita|Pariwisata|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami