Peserta Kontes Surfing Nias Pro 2019 Lampaui Target

Nias Selatan, Bidikkasusnews.com - Surfing Internasional Nias Pro 2019 salah satu bagian dari kegiatan Sail Nias, Sejak pendaftaran dibuka pada 25 Juli sampai 27 Agustus 2019, jumlah peserta kontes surfing international Nias Pro 2019 yang mendaftar sebanyak 129 orang, melampaui target yang telah ditetapkan panitia.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan Anggraeni Dakhi, SP kepada sejumlah wartawan dari berbagai Media saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/08/2019) jalan Arah Lagundri Km. 7 Fanayama.

Adapun peserta tersebut, berasal dari berbagai negara di antaranya : Hawaii, Australia, Portugal, Jepang, Venezuela,USA, Perancis, Afrika Selatan,Argentina,Chile, Brazil, Spanyol, New Zealand, Peru, dan Indonesia. Khusus yang mewakili Indonesia, ada juga beberapa surfer lokal yang berasal dari Nias Selatan.

Para peserta itu terdiri dari 104 orang untuk kelas Men Qualifying Series 3000 dan 25 orang untuk kelas Women Qualifying Series 1000.

"Dari jumlah peserta yang mendaftar, target kami sebanyak 75 peserta, akan tetapi sampai yang mendaftar 129 orang. Itu menunjukkan bahwa event ini menarik perhatian dan juga penting bagi para peselancar profesional internasional," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan Anggreani Dachi.

Dia menjelaskan bahwa, Nias Pro 2019 adalah sebuah kontes surfing bertaraf internasional yang diagendakan setiap tahun oleh Pemerintah Daerah Nias Selatan. Kontes itu pertama kali diadakan pada 2018 di Pantai Sorake. Kontes yang sama pada tahun ini akan diadakan di pantai itu, yang akan berlangsung pada tgl : 10 -15 September 2019.
"Event ini sangat penting untuk kemajuan pariwisata Kabupaten Nias Selatan. Selain dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat, juga memiliki media value yang tinggi sehingga semakin mengukuhkan Pantai Sorake sebagai destinasi wisata kelas dunia," jelas Anggreani.

Untuk diketahui, kontes Nias Pro 2019 pada tahun ini digelar, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan nasional Sail Nias 2019 yang berlangsung pada tanggal : 03 -16 September 2019, yang dipusatkan di Kabupaten Nias Selatan sebagai tuan rumah.

Pantai Sorake telah lama dikenal di kalangan peselencar internasional, sebagai salah satu spot surfing terbaik dan menantang untuk dinikmati dan ditaklukkan keindahan dan ketinggian ombaknya. Pada beberapa dekade lalu, pantai Sorake juga sudah beberapa kali menjadi tuan rumah pada ajang surfing internasional.

Acara puncak Sail Nias 2019 akan dilaksanakan di Kota Telukdalam, tepatnya di Pelabuhan Baru pada 14 September 2019. Pada acara puncak tersebut, Presiden Joko widodo dipastikan akan hadir dan diagendakan untuk menerima gelar adat yang rencananya akan dilakukan di desa cagar budaya nasional, Desa Bawömataluo. (Sabar Duha)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami