DAK Nisel T.A 2020 Meningkat Rp 90 Milyar

Nias Selatan, Bidikkasusnews.com - Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun 2020 khususnya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) oleh Komisi III DPRD Kabupaten Nias Selatan menyepakati beberapa program Bappeda tahun 2020.

Hal ini disampaikan oleh ketua komisi III DPRD Nisel, Pegangan Dakhi, S.Pd didampingi Sekretaris DPRD Nisel, Firman Giawa, SH sebagai moderator saat berlangsungnya konferensi pers, Rabu (20/11/2019) di Media Center DPRD Nisel, jalan Saonigeho Km. 3 Telukdalam.

Pegangan Dakhi mengatakan bahwa anggaran Bappeda Kabupaten Nias Selatan yang telah disepakati melalui Ranperda yang baru selesai sebesar Rp. 3,5 Miliar. anggaran tersebut diperuntukkan dalam beberapa program kerja Bappeda Tahun 2020, jelasnya!

Adapun beberapa program Bappeda Tahun 2020, diantaranya : penggunaan aplikasi e-planing yang disebut E-Furai, penyusunan rancangan RPJMD Tahun 2021 - 2026, dan koordinasi pelaksanaan DAK, urai Pegangan Dakhi.

Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Nias Selatan, Abdiel S. Amazihono mengatakan bahwa anggaran yang disepakati oleh Komisi III DPRD di Bappeda sesuai KUA - PPAS. Di dalam anggaran itu, Bappeda melaksanakan 13 program dan 48 kegiatan, Ucapnya.

Pada tahun 2021 nanti, kita berencana menggunakan aplikasi E-Planing (E-Furai). ini mau tak mau harus kita laksanakan, karena merupakan program Pemerintah Pusat, jelas Abdiel.

Persiapan penyusunan RPJMD 2021 - 2026 walaupun proses Pilkada berlangsung 2020, namun sebagai fungsi perencanaan menurut peraturan, Bappeda harus mempersiapkan rencana RPJMD untuk Periode berikutnya, ujarnya.

Sebagai fungsi perencanaan atau koordinasi mengenai pelaksanaan DAK, Bappeda akan memfasilitasi seluruh OPD dalam menyusulkan perencanaan DAK melalui aplikasi krisna Bappenas, ujarnya.

Tahun 2019 ini Nias Selatan mendapatkan peningkatan Dana DAK Fisik sebesar Rp. 155 Milyar, dan pada Tahun 2020 Nias Selatan mendapat Anggaran Dana DAK Rp. 245 Milyar lebih. artinya meningkat kurang lebih 90 Miliar. kita tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bisa naik lagi 2021 mendatang, harap Abdiel. (Sabar Duha)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami