Kinerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Perlu Dipertanyakan

Siantar, bidikkasusnews.com - Jumlah pasien positif covid-19 di Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara secara perlahan merangkak naik dan bertambah terus. Dalam sepekan ini saja telah terjadi penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 11 orang dimana sebelumnya pada Kamis, (18/6) total jumlah pasien positif Covid-19 hanya 43 orang. Dan berdasarkan laporan dari Gugus Tugas Covid-19 Pematangsiantar per 25 Juni 2020 sudah mencapai 54 orang. Hanya satu kecamatan yang masih berada di zona hijau dari total 8 kecamatan di Kota Pematangsiantar.
Menanjaknya dengan cepat jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Pematangsiantar, pengamat masalah sosial dan kebijakan Dr Robert Siregar menyayangkan tata cara penanganan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pematangsiantar.
"Sekitar April yang lalu secara pribadi saya pernah memberi masukan kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Pematangsiantar agar melaksanakan dengan maksimal sosialisasi pencegahan Covid-19 setiap kecamatan sampai kelurahan yang ada di Kota Pematangsiantar," kata Robert kepada bidikkasusnews.com Jumat (27/06/2020).

Menurutnya, penanganan Covid-19 di Kota Pematangsiantar belum dikerjakan dengan optimal dan secara serius.

"Ini demi nyawa loh, preventif dimulai dari tingkat kelurahan melalui aparat dan Satpol PP agar setiap warung makan dan warung minuman hanya boleh menerima dan melayani pelanggan makan minum dibungkus. Jangan lagi menerima layanan duduk. Ngeri saya melihat beberapa warung yang masih buka dengan makan dan minum di tempat secara berkumpul dan berkerumun", ucapnya,kepada Awak Media bidikkasusnews.com.

Jika melihat grafik menanjaknya jumlah yang terpapar Covid-19 di kota Pematangsiantar sampai hari ini sudah mencapai 54 orang, Robert mempertanyakan kinerja serta implementasi Gugus Tugas Covid-19 Pematangsiantar.

"Jika kita cermati apa yang sudah diperbuat melalui sosialisasi dan lain-lainnya ternyata hasilnya menaik terus. Bagaimana kita tidak pesimistis dengan pesebaran dan penambahan yang semakin hari bukan menurun," ujar Robert yang juga seorang akademisi di Kota Pematangsiantar ini.

Untuk itu Robert mendesak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar untuk koordinasi dengan semua pihak, seperti Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat yang bertujuan untuk mengawal secara optimal penyebaran Covid - 19 di Kita Pematangsiantar, juga bersama-sama menggerakkan semua lembaga dan instansi mulai dari lapisan pemerintahan terbawah yaitu dari tingkat kelurahan untuk mengoptimalkan kebersamaan untuk pencegahan meluasnya penyebaran Covid - 19.
"Beri tindakan tegas secara konsisten bagi para pelanggar protokol kesehatan. Mari kita belajar dan meniru daerah yang lain demi keselamatan warga Kota Siantar," tegasnya. (Ansary)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami