Selama Pandemi Covid-19, PTPN IV, PKS Pabatu Aktif Bantu Perekonomian Masyarakat

Pematang Siantar, bidikkasusnews.com - 'BUMN itu berasal dari Masyarakat oleh karena itu semua BUMN yang ingin maju harus tumbuh dan berkembang bersama Masyarakat sekitar'. Kalimat ini pernah disampaikan oleh  Direktur PTPN-IV Sucipto Prayitno, dalam keterangan persnya terkait dukungan terhadap program pemerintah dalam upaya  Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) disaat virus Covid-19, tengah menjadi wabah dan ancaman bagi perekonomian masyarakat.

Sikap PTPN IV sebagai salah satu anak perusahaan Holding Perkebunan milik BUMN ternyata sangat  mendukung program Pemerintah dalam Peningkatan Ekonomi Nasional,  Dalam menjalankan usahanya  sebagai perusahaan yang mengelola usaha agrobisnis berupa perkebunan sawit dan agroindustri berupa Pabrik Kelapa Sawit ( PKS ) PTPN IV juga berupaya menjalankan program sosial kemasyarakatan guna mendukung atau menopang peningkatan ekonomi warga khususnya masyarakat yang berdomisili disekitar perkebunan.

Buktinya selama masa Pandemi Covid-19 PKS,  Pabatu yang menjadi salah satu unit usaha yang dikelola oleh PTPN IV,  tetap proaktif dalam mendukung Peningkatan Ekonomi masyarakat, terutama dimasa pandemi Covid-19.

Dison MP. Girsang, manager PKS Pabatu didampingi asisten Personalia saat   ditemui di ruang kerjanya, Senin, 12 Oktober 2020 menjelaskan,  selain menjalankan Program Kerja Bina Lingkungan PTPN IV, PKS Pabatu juga menjalan program sosial terutama selama masa Pandemi Covid-19 yang tujuannya membantu  mengangkat perekonomian masyarakat khususnya disekitar perusahaan.

Harus diakui, selama masa Pandemi Covid-19, telah menimbulkan dampak terhadap perekonomian masyarakat, terutama masyarakat yang tidak berpenghasilan tetap dan melihat kenyataan tersebut PKS Pabatu sebagai salah satu unit usaha yang dikelola oleh PTPN IV berinisiatif untuk bisa membantu masyarakat khususnya yang berdomisili di sekitar perusahaan.

Upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang berada disekitar lingkungan perusahaan,  terutama dimasa pandemi Covid-19 PTPN IV unit PKS Pabatu bekerja sama dengan Distrik III dan kebun Pabatu melakukan berbagai kegiatan sosial diantaranya berupa pemberian bantuan sembako kepada masyarakat yang tinggal disekitar perusahaan.

Seperti diketahui bahwa sejak Covid 19 menjadi wabah di Indonesia telah menimbulkan dampak terhadap perekonomian masyarakat terutama bagi warga berpenghasilan tidak tetap dan untuk menopang perekonomian masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap yang berdomisili dilingkungan kebun Pabatu dan PKS Pabatu telah menyalurkan bantuan berupa sembako di dusun III Desa Naga Kesiangan, dusun IV desa Kedai Damar, dusun IV desa Bah Sumbu dan kelurahan Pabatu yang sumber dananya diperoleh dari donasi seluruh karyawan Distrik III, kebun Pabatu, PKS Pabatu dan SP.Bun dan penyalurannya dilakukan oleh kebun Pabatu.

Kemudian untuk mengantisipasi dampak penyebaran Covid-19 PKS Pabatu, melakukan penyemprotan disinfektan di rumah rumah penduduk, kemudian di rumah rumah ibadah yang ada di desa Kedai Damar.

Selanjutnya pemberian bantuan sembako PTPN IV dalam rangka membantu masyarakat selama pandemi Covid-19 yang pembagiannya dilakukan di Desa Naga Kesiangan, Desa Kedai Damar, Desa Panonggol, dan Desa Pabatu I, penyaluran bantuan langsung dikoordinir oleh Distrik III. 

Tidak hanya itu, bahkan dalam menjalankan program sosial kemasyarakatan, PTPN IV melalui Distrik III, kebun Pabatu dan PKS Pabatu juga telah melaksanakan kegiatan pasar murah  bertempat di desa Naga Kesiangan, desa Kedai Damar, desa Bah Sumbu dan kelurahan Padang Marbau.
Kemudian melalui PKS Pabatu PTPN IV juga telah membantu penerangan jalan di Dusun III desa Naga Kesiangan. 
( M Said Nasution )

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami