LSM PENJARA DPC Labura Surati Dinas Lingkungan Hidup Soal Limbah Dan Asap Pabrik Sawit PT.SSL


Labura, Bidikkasusnews.com - Terkait permasalahan limbah dan yang mencemari anak sungai Simangalam yang sudah hampir satu tahun lembaga swadaya masyarakat(LSM) Pemantau kinerja aparatur negara(PENJARA) layangkan surat ke Dinas Lingkungan Hidup Labuhan Batu Utara,senin (12/04/2021).

Berdasarkan keterangan langsung dari Ketua DPC LABURA LSM PENJARA Muhammad Yusup Harahap,bahwa pihaknya bersama dua jajaran pengurus DPC sengaja menyurati Dinas Lingkungan Hidup.

Hal ini menurutnya harus dilakukan,pasalnya, dari hasil peninjauan yang berdasarkan laporan dari masyarakat dusun IVB simpang Durian dan dusun VII Sinar Toba,LSM PENJARA DPC LABURA menemukan adanya ketidak seriusan Pimpinan PT.Sinar Sawit Lestari(SSL) dalam mengelola Limbah pabrek sawit yang mencemari anak sungai Simangalam yang mengakibatkan ikan pada bematian,dan budidaya padi sawah petani sering gagal panen,beserta asap dari pembakaran janjangan kosong sampai kerumah-rumah warga mengakibatkan pencemaran udara.

"Awal kita mendapatkan laporan dari masyarakat dusun IVB simpang Durian dan dusun VII Sinar Toba,terkait masalah limbah pabrek sawit PT.SSL.Dan beberapa waktu yang lalu,kami pengurus LSM PENJARA DPC LABURA dan warga meninjau lokasi sungai anak sungai Simangalam."pungkas Muhammad Yusup Harahap.

Dirinya menambahkan,"setelah kami datang ke anak sungai Simangalam,keluhan masyarakat memang benar adanya,yang mana ikan pada bematian dan asap dari bakaran janjangan kosong sampai kerumah-rumah warga mengakibatkan pencemaran udara.Untuk itulah kami surati Dinas Lingkungan Hidup Labuhan Batu Utara."pungkasnya.

Ketua LSM PENJARA DPC LABURA Muhammad Yusup Harahap berharap,Dinas Lingkungan Hidup Labuhan Batu Utara dapat segera memproses laporan mereka.Sehingga,masyarakat yang berada di sekitaran PT.SSL merasa nyaman,tanpa ada gangguan dari limbah dan asap bakaran janjangan tersebut.

"Kami berharap,baik pimpinan PT.SSL maupun Dinas Lingkungan Hidup dapat merespon laporan kami,dan menyerap aspirasi masyarakat."tutupnya.

Saat di konfirmasi awak media Bidik Indonesia/Bidik kasus kekepala Dinas Lingkungan Hidup Labuhan Batu Utara Drs.H.Imam Ali Harahap MAP. Prihal LSM PENJARA DPC LABURA melayangkan surat klarifikasi ke Dinas Lingkungan Hidup Via telpon Jumat,16/04/2021.kepala Dinas Lingkungan Hidup tidak mau memberikan tanggapan mennyarankan awak media untuk datang kekantor Dinas Lingkungan Hidup Labuhan Batu Utara,untuk mempertanyakan ke staf karena beliau sedang di luar kantor."Tanyakan aja ke kantor karena saya lagi di luar."jelasnya.

Saat ingin di pertanyakan lebih dalam tentang limbah dan asap bakaran janjangan kosong pabrek sawit PT.SSL Drs.H.Imam Ali Harahap MAP.lansung mematikan pembicaraan via telpon.

(Ridho Taufik)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami