Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga Menyampaikan Apresiasi Pada BWS Sumatera II


Samosir, bidikkasusnews.com - Saat memimpin rombongan yang terdiri atas beberapa Anggota DPRD Samosir dalam melaksanakan konsultasi dan penyampaian usulan masyarakat kabupaten Samosir khususnya masyarakat yang berada di Desa Buntu Mauli Kecamatan Sitio-tio Samosir kepada pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera II pada Senin, 13-9-2021 Pantas Marroha Sinaga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir melalui Komisi III menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera II.

Beliau menyampaikan apresiasi tersebut mewakili masyarakat dan pemerintah, secara khusus Pemerintah Legislatif (DPRD Samosir), yang sudah diterima dengan sangat baik kehadirannya serta pihak BWSS II berjanji untuk menyampaikan usulan dan harapan tersebut kepada Kementerian PUPR.

Adapun misi kunjungan ini selain untuk berkonsultasi lebih jauh adalah menyampiakan harapan masyarakat guna mengatasi rasa kekuatiran masyarakat akan ancaman bahaya banjir, sebagaimana banjir bandang yang pernah terjadi di kecamatan Sitiotio tepatnya pada Mei 2019 lalu di Desa Buntu Mauli yang menelan korban Jiwa dan luka luka dan setelah itu didesa Holbung pada Desember 2019 yang lalu.

Pada kesempatan ini Pantas Marroha Sinaga menyuarakan penanganan khusus dari BWSS II terkait kondisi sungai di Desa Buntu Mauli yang seringkali banjir bandang.

Menurutnya, apabila sungai ini tidak segera ditangani dengan serius maka ketika hujan datang dapat merusak rumah-rumah dan ladang warga.

“Kita tidak ingin banjir bandang tahun 2019 lalu yang memakan korban nyawa dan harta benda terjadi lagi. Untuk itu, kita harapkan perhatian BWSS II menormalisasi sungai tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan salah satu penyebab banjir di Desa Buntu Mauli umumnya adalah akibat pendangkalan sungai. Sehingga saat hujan deras sungai meluap hingga menyebabkan pemukiman dan sawah banjir serta ditutupi material yang terbawa luapan sungai.

Pantas Marroha berharap BWSS II menyediakan dua alat beratnya di Kabupaten Samosir untuk bisa sewaktu-waktu menormalisasi sungai. Menurutnya hal ini bukan berlebihan, demi kenyamanan masyarakat Samosir.

“Terlebih saat ini musim penghujan, masyarakat khususnya di Kecamatan Sitiotio was-was dan banyak yang mengungsi karena trauma banjir bandang yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” tambah Wakil Ketua DPRD Samosir.

Politisi Nasdem ini juga berharap agar ke depan, BWSS II memberikan perhatian besar ke Kabupaten Samosir. Pasalnya, tiap tahun daerah ini tidak pernah luput dari bencana, apalagi banjir bandang.

“Oleh karena itu, bukan hanya pembangunan sementara, harapan kami pemeliharaan yang rutin dalam arti normalisasi sungai tiap tahunnya, itu yang sebenarnya kami harapkan,” terangnya.

Menanggapi aspirasi tersebut, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Maman Noprayamin ST MT menyambut baik usulan-usulan dari DPRD Kabupaten Samosir dan akan diakomodir serta dimasukkan dalam program yang akan diusulkan ke Kementerian PUPR.

Dalam menyambut kunjungan kerja DPRD Samosir itu, Kepala BWSS II turut didampingi Kepala Seksi Pelaksanaan Ir Herbet Sihite dan sejumlah pegawai.

(Inra P Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami