Maulana Pimpin Rakor Percepatan Penanganan Penyakit Kuku dan Mulut di Kota Jambi



Kota Jambi, bidikkasusnews.com - Wakil Walikota Jambi Dr.. H. Maulana, MKM Pimpin langsung Rapat Koordinasi Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak termasuk hewan kurban buat Lebaran Idul Adha 1443 H, Rakort ini dihadiri oleh  Forkompinda, Camat, OPD di Kota Jambi. Rapat koordinasi PMK, ini digelar di Aula Telanaipura Bappeda kota Jambi, Kamis (9/6/2022).

Dalam rakort tersebut , Wawako Maulana mengatakan Walikota Sy Fasha telah menerbitkan SK pembentukan Satuan Tugas (Satgas) penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di kota Jambi, Satgas ini nantinya gabungan baik dari jajaran TNI, Polri, maupun instansi terkait.

” SK pembentukan Satgas PMK berkoordinasi denga Dandim dan Kapolres. Terutama di titik-titik pengumpulan hewan kurban. Sehingga hari ini harus lebih restriktif tempat di mana masyarakat bisa mengakses hewan kurban,” kata maulana. 

Pemerintah Kota juga mengeluarkan Surat Edaran terkait panduan pemotongan hewan kurban. Salah satunya dengan menentukan lokasi pemotongan hewan kurban di titik Rumah Pemotongan Hewan (RPH) tertentu supaya proses pemantauan bisa lebih terkawal.

Selain membentuk satga,  pemerintah Kota juga mengeluarkan Surat Edaran terkait panduan pemotongan hewan kurban, pemkot Juga menyiapkan anggaran pengadaan  obat-obatan, sarana pendukung pengendalian dan operasional petugas vaksinasi PMK. Serta melakukan pemetaan status bebas, tertular dan terduga berdasarkan kecamatan dan kelurahan. " Kita juga akan melakukan pendataan terkait jumlah hewan rentan PMK berbasis desa untuk kesiapan vaksinasi sekaligus menyiapkan SDM yang meliputi Dokter Hewan" tutur maulana.

(arf)

Artikel Terkait

Berita|Jambi|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami