Rapat Koordinasi Dan Kunjungan Kerja Forkopimca Sianjur Mulamula Di Desa Sianjur Mulamula Samosir


Samosir, bidikkasusnews.com - Pelaksanaan Rapat Koordinasi Antar Kepala Desa sekecamatan Sianjur Mulamula dan kunjungan Kerja Forkopimca Kecamatan Sianjur Mulamula dilaksanakan di Kantor Desa Sianjur Mulamula yang di hadiri oleh Camat Sianjur Mulamula Sinar Limbong, SH., Kompol. H. Sembiring Kapolsek Harian/Sianjur Mulamula, Dirtono HP. Sihotang Plt. Danramil Harian/Sianjur Mulamula, drg. Rawaty Simarmata Kepala Puskesmas Limbong, Richard P. Gultom TAPM TPP, Ronta Simbolon Kasipem Kecamatan Sianjur Mulamula, Parningotan Sagala Kepala desa Sianjur Mulamula sebagai Tuan Rumah tempat pelaksanaan Rapat Koordinasi hari ini Rabu, 16-6-2022.

Rapat koordinasi kali ini juga diikuti para kepala desa sekecamatan Sianjur Mulamula dan para TPP (Tenaga Penyuluh Pertanian), dan yang lainnya sebagai mana tercantum dalam daftar hadir.

Dalam Rapat Koordinasi ini, Camat Sianjur Mulamula dalam penyampaiannya meminta kepada para kepala desa agar memperhatikan banyak hal yang harus segerah ditindak lanjuti sebagai mana apa yang menjadi harapan dari pemerintah kabupaten Samosir dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati, seperti :


- Pertama : penyelesaian masalah penetapan tapal batas desa, dalam hal ini menekankan agar para kepala desa yang berbatasan harus meningkatkan koordinasi juga kepada pemerintah kecamatan,
- Kedua : Upaya menyukseskan program pembukaan jalan dan sirtunisasi yang saat ini digalakkan pemerintah kabupaten. Dalam hal ini camat meminta kepada para kepala desa dengan maksimal mengupayakan penyelesaian 
pembebesan lahan agar tidak lagi banyak ditemukan hambatan hambatan, mengingat bahwa sudah ditentukannya batas waktu penggunaan Alat Berat milik pemerintah, yang mana tiap desa dibatasi diberikan waktu satu minggu untuk memanfaatkan alat berat tersebut agar semua desa bisa menggunakannya.

Khusus masalah penggunaan Alat Berat yang saat ini sudah lebih dari satu bulan beroperasi di Desa Hutaginjang karena adanya pengaruh dari salah seorang aktivis, hari ini saya minta agar segerah dipindahkan kedesa selanjutnya.

- Ketiga : camat meminta agar masalah pengumpulan pajak bisa terus ditingkatkan, beliau menyampaikan bahwa prestasi kecamatan kita Sianjur Mulamula yang selama ini meraih prestasi sebagai kecamatan pengumpul pajak terbaik dari semua kecamatan yang ada di kabupaten Samosir.
Beliau berharap agar jangan sampai dimasa kepemimpinan beliau sebagai camat prestasi itu jadi menurun.

- Keempat : hal yang paling ditekankan yakni masalah penegakan disiplin para aparatur desa, ingat jam kerja sudah ditetapkan yakni Jam Masuk jam 7.45 s/d 16.15. Hal ini sangat penting tuk di perhatikan, perlu diketahui bahwa hal ini sebagai mana yang disampaikan Wakil Ketua DPRD dalam Rapat Kerja dengan Camat Sekabupaten Samosir.


Dimana dengan tegas disampaikan agar setiap camat menyampaikan hal ini pada seluruh kepala desa, terutama agar jangan lagi ada aparatur desa yang pada jam kerja berada ditempat yang tidak sepantasnya dan tidak berpakaian yang sepatutnya.

Untuk masalah disiplin aparatur ini, saya sampaikan pada seluruh kepala desa agar kepada aparatur yang tidak disiplin agar diberikan sangsi, jangan hanya sangsi lisan, harus diberi sangsi tulisan (Surat Peringatan) satu sampai tiga, dan sangsi tersebut harus ditembuskan pada pemerintah kecamatan.
Jika ada aparatur yang sudah menerima Surat Peringatan sampai tiga kali, maka kita bisa mengambil tindakan untuk memberhentikan dan mengangkat penggantinya.

- Kelima : Untuk masalah Aset, kepada para kepala desa diminta untuk membuat SK (Surat Keputusan) untuk menunjuk salah seorang dari perangkat desa yang ada untuk bertugas dan bertanggung jawab untuk menginventarisir aset aset desa dan memeliharanya. 

Sementara Richard P. Gultom selaku TAPM TPP menyampaikan banyak hal yang harus menjadi perhatian seluruh pemerintah desa sekecamatan Sianjur Mulamula diantaranya :
Agar pemerintah desa segerah menyelesaikan laporan pertanggung penyaluran BLT Tahap I bulan Januari - Februari 2022, sebagai dasar untuk segerah menyalurkan BLT Tahap II bulan Maret - April 2022.

Dalam hal pencegahan dan penanggulangan masalah Stunting dimasing masing desa, beliau menghimbau agar segerah membuat Rumah Desa Sehat (RDS) yang dapat digunakan sebagai wadah koordinasi masalah masalah pencegahan dan penanggulangan stunting, dalam hal ini bisa menggunakan kantor desa untuk sementara.

Beliau juga mengingatkan pada seluruh kepala desa (pemerintah desa) bahwa didalam penggunaan dana desa saat ini bahwa instansi pemeriksa dalam hal Inspektorat, BPK tidak hanya memeriksa fisik yang dibangun namun saat ini sudah memeriksa sejak perencanaan dan prosesnya, oleh karenanya diharapkan agar pemerintah desa memperhatikan hal tersebut.
Harapan kami setiap pemerintah desa bisa memperhatikan tahapan dan waktu yang tepat, hal ini perlu dimulai sejak penyusunan RKPDES.
Disarankan agar pada bulan Juli tahun berjalan sudah bisa membahas RKPDES untuk tahun mendatang.

Untuk menjadi pegangan kepada setiap pemerintah desa didalam menyalurkan, melaksanakan dan membangun yang pendanaannya bersumber dari APBN, APBD Provinsi adapun yang menjadi Juknis Pelaksanaannya adalah Peraturan Pemerintah Desa yang dibuat melalui musyawarah desa yang tentunya yang tidak bertentangan dengan aturan perundang undangan yang ada (berlaku).

Dalam sesi tanya jawab, masing masing kepala desa menyampaikan pertanyaan, diantaranya sebagai mana yang disampaikan oleh kepala desa Singkam Jonter Limbong, yang mempertanyakan pendapat bapak camat atas rencana Masyarakat dan Pemerintah Desa Singkam yang berencana medirikan Bundes dengan membangun Kolam Renang. 

Untuk pertanyaan ini, camat Sianjur Mulamula menjawab dengan menyampaikan dukungannya atas rencana tersebut dan berjanji untuk membantu agar hal itu dapat terwujud, beliau menghimbah agar pemerintah desa bisa menyelesaikan secepatnya masalah lahan dimana rencananya kolam renang tersebut akan dibangun. 

(Bastian Simbolon) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami