Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Melalui Kampung Ikan Mas di Agara


Kutacane, bidikkasusnews.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), melalui Dinas Perikanan, telah menetapkan kampung ikan mas yang di programkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Pusat. 

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan melalui Kepala Bidang Perikanan budidaya Aceh Tenggara, Suhada,S.Pi kepada bidikkasusnews.com Rabu (24/8) di ruangannya mengatakan lokasi kampung perikanan budidaya Ikan Mas itu berada di Desa Lawe Pangkat, Kecamatan Deleng Pokhkisen,dengan luas lahan 52 hektare dan memiliki 13 kelompok tani budidaya ikan.

Dia mengatakan, penetapan kampung perikanan budidaya di Desa Lawe Pangkat, Kecamatan Deleng Phokhisen Aceh Tenggara, sesuai bidang usaha warga setempat. Dan diketahui, petani budidaya ikan di desa itu, menghasilkan produksi berupa ikan mas, nila dan lele.

"Mereka adalah petani budidaya ikan yang mampu memproduksi ikan mas terbanyak di Aceh Tenggara. 

Dalam rentang waktu tiga sampai empat bulan, rata-rata mereka dapat memproduksi 1,5 sampai dengan 2 ton ikan per satu keluarga petani ikan," kata Suhada. 

Tambah Suhada, menurut amatannya peredaran ikan mas dari desa tersebut, mencapai 1,5 hingga 2 ton per harinya.

Suhada juga menyebutkan, kelompok tani budidaya ikan di desa tersebut, berjumlah 13 kelompok tani yang terdiri dari 10 hingga 11 orang anggotanya per kelompoknya. Hingga dapat disimpulkan berapa hasil produksi ikan di desa itu.ujarnya

Dijelaskannya, Kabupaten Aceh Tenggara adalah daerah yang terbesar untuk pasokan ikan mas yang di pasarkan ke luar daerah di provinsi Aceh. Dalam satu hari peredaran ikan mas ke daerah Aceh dan Sumatera Utara, mencapai 15 ton per harinya.

Sedangkan untuk kebutuhan lokal, kata dia, setiap harinya di pasarkan sedikitnya 5 ton ikan, tetapi rincian itu, termasuk dengan jenis ikan mas, ikan nila dan lele.

"Semoga program kampung budidaya ikan yang di program pemerintah pusat dapat secepatnya terealisasi, agar kesejahteraan petani ikan di desa itu dapat lebih meningkat dan sejahtera.

Dengan program Kampung Ikan Mas ini diharapkan membuat desa menjadi fokus dalam peningkatan kinerja sektor perikanan dan kelautan nasional. Tinggal bagaimana menginovasi kampung ikan mas yang sudah ada ini supaya bisa berkembang,harapnya.

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami