Inflasi Sumut Terbaik di 34 Provinsi di Indonesia

Medan, bidikkasusnews.com - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengalami inflasi hingga 0,14 persen mtm (month to month) pada bulan Desember 2018 dan tekanan inflasi Sumut pada tahun 2018 secara keseluruhan hanya mencapai 1,23 persen. Dengan demikian inflasi Provinsi Sumut menjadi yang terendah atau terbaik di 34 Provinsi di Indonesia.

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Sumut (Setdaprovsu) Ilyas Sitorus didampingi Kepala Biro Bina Perekonomian Setdaprovsu Ernita Bangun mengemukakan hal itu kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumut (Gubsu) Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Sabtu (5/1), setelah sehari sebelumnya melaporkan perolehan prestasi ini kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

“Bapak Gubernur menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkerja sungguh-sungguh dan memberikan kontribusi langsung maupun tidak langsung atas terkendalinya inflasi di Sumut ini,” ujar Ernita Bangun, seraya mengakui banyak parameter dan peran serta yang melibatkan seluruh unsur perekonomian, termasuk masyarakat secara umum atas pengendalian inflasi ini.

Ilyas menambahkan perolehan angka inflasi ini juga sudah dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat maupun BPS Provinsi Sumut dalam jurnal resmi instansi statistik resmi ini pada Januari 2019. Dalam neraca itu, secara rinci digambarkan tingkat inflasi seluruh provinsi di Indonesia secara nasional dan pada Bulan Desember 2018 Provinsi Sumut mengalami inflasi hingga 0,14 mtm.

“Inflasi hingga 0,14 (mtm) dan tekanan inflasi Sumut pada tahun 2018 yang hanya 1,23 persen ini jauh lebih rendah dari inflasi nasional yang berada pada angka 3,13 persen. Angka 1,23 persen ini juga merupakan terendah di 34 propinsi,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa capaian ini merupakan inflasi bulanan pada bulan Desember yang terendah atau terbaik dalam 8 tahun terakhir. Rendahnya tekanan inflasi ini terutama didorong oleh masih melimpahnya pasokan bahan pangan, khususnya bumbu-bumbuan seiring dengan masuknya musim panen di beberapa sentra komoditas. (Safrin Lubis)

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami