Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Bersama Gubernur Sumut Resmikan Lab Mini MA 11

Deliserdang, bidikkasusnews.com - Bank Indonesia Bersama Gubernur Sumut resmikan laboratorium mini (lab Mini) MA 11 Kelompok Tani (Poktan) Juli Tani di Desa Sidodadi Ramunia, Kecamatan Beringin, Deliserdang, Senin (30/9/2019).

Lab mini tersebut merupakan kerjasama dengan Pemprovsu dan Pemkab Deliserdang yang diresmikan kangsung Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat.

Dalam acara tersebut di hadiri Gubsu Edy Rahmayadi serta Wakil Bupati Deliserdang Ali Yusuf Siregar dan Kepala Bulog Divre I Sumut, Basirun dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat menuturkan, mini lab tersebut didirikan guna meningkatkan produksi pertanian dan pengembangan pertanian organik. Mini lab itu menggunakan microbactery alfaafa (MA 11) yakni decomposer inovatif yang dapat memfermentasi bahan kompos padat, hanya dalam waktu 1×24 jam.

“MA 11 merupakan mikroba pengurai yang dapat mempercepat proses pembuatan kompos dan pakan ternak yang dapat digunakan untuk produk perkebunan, pertanian dan perikanan bahkan pertanian organik. Ini akan terus kita kembangkan untuk meningkatkan produksi pertanian kita,” jelasnya.

Selain mini lab, sambungnya, Poktan Juli Tani yang sudah dibina BI sejak 2017 juga sudah memiliki Sub Terminal Agribisnis (STA)
yang digunakan untuk menampung hasil panen petani dan memutus mata rantai tengkulak.

Dengan harapan, Poktan Juli Tani bisa menjadi percontohan klaster cabai merah dan padi di Deliserdang untuk wilayah Sumut.
“Nantinya semua klaster bisa belajar disini, bahkan beberapa TPID sudah belajar kemari dan sudah dijadikan tempat praktek kerja lapangan (PKL) oleh sejumlah mahasiswa,” katanya.

Keseluruhan lahan Poktan Juli Tani ada sekitar 48 hektar, di mini lab ini terdapat dua kuintal MA 11 yang dapat digunakan untuk 200 hektar. Jadi, sisanya bisa dijual petani untuk menambah pendapatan.

Ia menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemprovsu dan pihak-pihak terkait. Bahkan, Gubernur Sumut berkomitmen untuk menambah mini lab serupa di sentra-sentra produksi pertanian seperti Karo ataupun Humbahas. (Ariansyah Lubis, SH)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami