Pasca Sail Nias 2019, DAK Disbudpora Nisel Meningkat 100%

Nias Selatan, Bidikkasusnews.com - Pasca pelaksanaan kegiatan Sail Nias yang dipusatkan di Telukdalam Kabupaten Nias Selatan pada bulan September 2019 lalu, perolehan DAK Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2020 naik 100% Rp. 4 Milyar.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Anggreani Dakhi, SP kepada sejumlah wartawan dari berbagai Media saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (25/10/2019) jalan Arah Lagundri Km. 7 Fanayama.

"Pasca pelaksanaan Sail Nias 2019, DAK kita Tahun Anggaran 2020 meningkat 100 % dari Tahun sebelumnya hanya Rp. 2 Milyar, kini menjadi Rp. 4 Milyar ", ujar Anggraeni Dakhi.

Dana tersebut nantinya direncanakan akan dialokasikan untuk pembangunan panggung kesenian dan pembangunan trotoar bagi pejalan kaki yang dilengkapi berbagai fasilitas lainnya, seperti tempat duduk dan lampu jalan di sekitar pantai Sorake.

Pembangunan panggung kesenian itu, disamping memberdayakan Sanggar - sanggar budaya lokal, ada alternatif lain kepada para peselancar sehabis berselancar dapat menikmati musik tradisional. Sehingga pengunjung dapat betah untuk tinggal lebih lama di Nias Selatan, ujarnya.

Selain itu, peningkatan Sumber Daya Manusia Pariwisata dengan berbagai pelatihan yang di fasilitasi oleh Pemerintah Pusat. Seperti pelatihan pemandu wisata, pengelolaan Homestay, pelatihan penjaga pantai, tata kelola Destinasi wisata dan sebagainya dengan mendatangkan pelatih dari Bali.

Dia menjelaskan bahwa sesuai amanat Kementerian, anggaran tersebut dialokasikan di Daerah Destinasi wisata yang prioritas dan lokasinya harus satu kawasan. Setelah kawasan pantai Sorake tertata, maka dapat kita lanjutkan pembangunannya di lokasi Destinasi wisata lainnya.

Pada kesempatan itu, Anggreani Dakhi, SP mengucapkan terima kasih Kepada seluruh Stakeholder yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan Sail Nias 2019 yang dipusatkan di Telukdalam Kabupaten Nias Selatan, ucapnya. (Sabar Duha)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami