Pilwana Serentak 24 Nagari di Kebupaten Pasaman Sukses

Pasaman, Bidikkasusnews.com - Akhirnya Kontestasi Politik Berupa Pemilihan Wali Nagari serentak di Kabupaten Pasaman yang tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Pasaman akhirnya berjalan lancar, tepatnya Minggu (9/8/2020) ini.

Dalam Pantauan Bikas dilapangan Pelaksanaan Pilwana di Kabupaten Pasaman sampai saat ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Adapun hasil sementara Pilwana serentak di Kabupaten Pasaman di masing-masing kecamatan dan pemenang padan kontestasi ini adalah di Kecamatam Tigo Nagari terdiri atas tiga buah Nagari yang melangsungkan helat nagari yakni Nagari Binjai Yang di menangkan oleh oleh Bustiar, di Nagari Ladang Panjang yang di menangkan oleh Julisman Arif dan di Nagari Malampah dimenangkan oleh Asri Nur.

Sedangkan untuk Kecamatan Simpati terdiri atas dua buah Nagari yakni di Nagari Simpang dimenangkan oleh Adek Jumailis dan Nagari Alahan Mati di menangkan oleh Rivo Niswar.
Tidak hanya sampai disitu dalam kontestasi ini Kecamatan Bonjol di adakan pilwana serentak ini di empat buah Nagari di antaranya Nagari Limo Koto yang mana di menangkan oleh Ismed Yunaidi, di Nagari Koto Kaciak dimenangkan oleh Zulfahmi dan di Nagari Ganggo Hilia dimenangkan oleh Hafitah sedangkan untuk di Ganggo Mudiak dimenangkan oleh Aria Barito.

Ibukota Kabupaten Pasaman yakninya Lubuk Sikaping, dimana terdiri atas sebuah kecamatan yang bernama Kecamatan Lubuk Sikaping yang di ikuti oleh empat buah Nagari yakni diantaranya Nagari Jambak yang dimenangkan oleh Elfa Mardian, Nagari Durian Tinggi dimenangkan oleh Richa Afandi, di Nagari Pauah dimenangkan oleh Dedi Rahmadani serta Nagari Aia Manggis dimenangkan oleh Abdi Yusran.

Sedangkan untuk Kecamatan Rao Utara terdiri atas dua buah Nagari yang ikuti pilwana serentak ini yakni Nagari Koto Rajo yang dimenangkan oleh Irpan dan satu lagi Nagari Languang yang dimenangkan oleh Muhammad Ilbar, sedangkan untuk Kecamatan Rao Selatan di ikuti oleh dua buah Nagari yaitu Nagari Lubuak Layang yang di menangkan oleh Muhammad Uldi dan di Nagari Lansek Kodok di menangkan oleh Antoni. S, begitu juga dengan Kecamatan Rao yang di ikuti oleh Nagari Padang Metinggi yang dimenangkan oleh Syamsu Tabri, Namun untuk Kecamatan Mapat Tunggul data baru yang baru di peroleh hanya dari dua buah nagari yang mengikiti pilwana seretak pada saat ini.
Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Matuse yakni dari dua buah Nagari yang mengikuti pilwana baru didapatkan oleh bikas Nagari Silayang dengan pemenangnya Asra.

Hingga berita ini dilangsir ada tiga kecamatan yakni kecamatan Matuse yakni Nagari Muara Sungai Lolo,
Nagari Lubuak Gadang yang dimenangkan oleh Asrul sedangkan untuk Nagari Muaro Tais belum di dapatkan.
Ditempat yang berbeda Kapolsek Tigo Nagari IPTU Budhi Setiawan melalui Wakapolsek Ipda Deswandi saat kunjungan ke lapangan peninjau pilwana di Kecamatan Tigo Nagari Kabuapten yang sama.

Beliau menghimbau kepada masyarakat agar menjaga bahasa dan jangan mengeluarkan kata kata yang bisa memprovokasi.

"kita semua bersaudara, jangan sampai pilwana serentak saat ini membuat kita terpecah dan bercerai berai karena sejatinya siapapun yang terpilih nantinya dialah yang akan memimpin Nagari untuk enam tahun kedepan" ungkapnya.

Namun untuk data kecamatan lain seperti Kecamatan Duo Koto yang mengikuti kontestasi ini ada Nagari yakni Cubadak dan Nagari Simpang Tonang, namun hingga berita ini dilangsir yang empat buah nagari tersebut belum diperoleh data pemenang dalam ajang perta rakyat tersebut. 
(Ayang Pardede)

Artikel Terkait

Berita|Sumbar|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami