Pemkab Pasaman Tanggapi Kondisi Tugu Pahlawan Ampera Ahmad Karim


Pasaman, Bidikkasusnews.com - Kopda Munardi Anggota TNI Kodim 03/05 Pasaman Prihatin melihat kondisi salah satu Tugu Pahlawan yakni Tugu Pahlawan Ampera Ahmad Karim yang berada di kampuang Landu Jorong Parik Lubang Nagari Persiapan Ladang Panjang Barat Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.

"sebagai anak Nagari saya prihatin sekali melihat Tugu Pahlawan Ampera ini, salah seorang masyarakat kampuang landu menyampaikan kondisi Tugu yang sudah sepatutnya di benahi dan di rawat demi menjaga nilai-nilai sejarah atas Tugu tersebut," ungkap Kopda Munardi pada sabtu (7/3/2021) kepada bikas di kediamannya Jorong Padang Sawah Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.

Sebagai Tokoh masyarakat Ladang Panjang beliau mengatakan bahwa Pahlawan Ampera ini juga Warga Kampuang Landu Nagari Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman, beliau merasa bertanggungjawab akan Tugu Pahlawan tersebut.

"kalau bukan kita sebagai masyarakat Tigo Nagari yang akan menjaga kelestarian Tugu Pahlawan yang notabenenya adalah Pahlawan dari Kampung halaman kita siapa lagi", tambah Munardi sambil meneteskan air matanya.

Budi Wahyu Satria Camat Kecamatan Tigo Nagari ketika di konfirmasi beliau menanggapi agar Ninik Mamak dan seluruh stakeholder Kecamatan Tigo Nagari kompak untuk itu.



"Patang lah wak tarimo surek dr pengurus mesjid Kp. Landu, Klo kito cubo di sampaian di forum Murenbang Kecamatan Tigo Nagari, Pak Bupati dan Pak Wabup Insyaallah, datang ka kantua camat hari Jumat besok, dan perlu kekompakan ninik mamak dan stakeholder di kecamatan Tigo Nagari agar tetap mengusulkan masuk prioritas utama di Musrenbang nanti, Ado usulan dr kawan2 ptg ko, klo bisa, Klo bisa, di halaman kantua camat atau di depan Stadion Akhmad Karim di bangun patung Pahlawan dr Kecamatan Tigo Nagari" Ungkap Budi Wahyu Satria melalui Pesan singkat.

Tugu Pahlawan Ampera Ahmad karim yang telah berdiri di Kampuang Landu Jorong Parik Lubang Nagari Persiapan Ladang Panjang kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman ini yang di dirikan pada tahun 1978 yang lalu mahasiswa UNAND yang kebetulan KKN pada masa itu, apakah dengan semudah itu di bangun lagi di tempat lain seperti di halaman kantor Camat Tigo Nagari dan atau di Gor Mini Ahmad Karim.

Tugu ini didirikan di Kampuang landu tentunya telah memiliki pemikiran yang matang dan memiliki nilai sejarah yang tidak semudah itu untuk di lupakan ataupun dipindahkan dengan begitu saja atas adanya diduga ada kepentingan seseorang atau kelompok.

Senada dengan itu hal bikas mencoba menghubungi Sabar AS wakil Bupati Kabupaten Pasaman tentang Tugu Pahlawan Ampera yang terlihat sudah kusam tersebut.

Hal yang sama di tegaskan oleh Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, beliau mengarahkan untuk diusulkan musrembangkan di kecamatan Tigo Nagari.

"Insyaalloh diperbaiki, Coba diusulkan pembangunan nya malalui musrenbang kecamatan" ungkap Sabar AS.

Beni Utama Bupati Pasaman juga mengatakan harus ada perawatan katanya Pendek.

"trima kasih informasinya adinda, itu harus ada Perawatan", kata Beni Utama.

(Ayang Pardede)

Artikel Terkait

Berita|Sumbar|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami