Presiden RI Ir. Jokowi Resmikan Dua Objek Wisata Favorit DiKabupaten Samosir


Samosir, bidikkasusnews.com - Untuk kesekian kalinya Presiden RI Ir. H Joko Widodo kembali mengunjungi Kabupaten Samosir sebagai salah satu kabupaten Parawisata di Sumatera Utara Indonsia.
Yang sangat istimewa kehadiran Presiden kali ini bersama rombongan yang sangat lengkap.

Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja dalam rangka Pertama Peresmian Revitalisasi Pembangunan Objek Wisata Batu Persidangan di Huta Siallagan kecamatan Simanindo dan Kedua Peresmian Pembangunan Objek Wisata Revitalisasi Kampung Ulos Hutaraja di kecamatan Pangururan.

Rombongan Presiden disambut langsung oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Wakil Bupati Martua Sitanggang dan Unsur Forkopimda Kabupaten Samosir di Dermaga Ambarita Kecamatan Simanindo hari ini Rabu, 2-1-2022.
 
Presiden Jokowi beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Huta Siallagan untuk meresmikan revitalisasi pembangunan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi penataan kawasan tersebut sehingga menjadi lebih menarik, tertata rapi, dan berkelas. “Saya bersyukur hari ini bisa melihat bahwa Huta Siallagan beserta lingkungan sekitarnya sudah direvitalisasi, sudah ditata kembali. Sehingga, restorasi ini akan kita harapkan selain untuk konservasi adat budaya juga untuk destinasi pariwisata yang sangat menarik, tertata rapi, dan memiliki kelas,” ujar Presiden.

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), penataan kawasan Huta Siallagan di lahan seluas 11 ribu meter persegi tersebut dilakukan selama tahun 2020-2021 dengan biaya sebesar Rp30 miliar. Penataan kawasan tersebut termasuk sejumlah lingkup pekerjaan, mulai dari revitalisasi Rumah Bolon Eksisting, penataan Ekstensi Rumah Bolon, Rumah Bolon Baru, pusat souvenir, Batu Persidangan, Sopo Anting, hingga sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Dalam kesempatan kunjungan ke Objek Wisata Batu Persidangan Huta Siallagan kali ini Presiden Jokowi juga turut menyerahkan bantuan langsung tunai kepada para pedagang cendera mata dan souvenir yang ada di kawasan Huta Siallagan.

Selanjutnya Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kampung Ulos Hutaraja Desa Lumban Suhi-suhi Toruan Kecamatan Pangururan, Presiden Jokowi disambut dengan tarian tor-tor dan penyematan Ulos motif bolean na mardukit yang bermakna semakin besar, semakin berhasil dan semakin gemilang dalam memimpin.

Dalam kesempatan ini Presiden Jokowi mengelilingi kawasan perkampungan Hutaraja dan berbincang dengan pengerajin kain ulos (Partonun).

Dalam sambutanya, Presiden berharap penataan Kampung Ulos Huta Raja ini dapat membantu upaya pemerintah dalam menjaga serta melestarikan warisan pusaka Tanah Air, “Semoga dengan revitalisasi ini, konservasi terhadap warisan pusaka yang kita miliki di Kampung Ulos Huta Raja ini betul-betul bisa kita kerjakan”, ujar Jokowi.

Penataan Kampung Ulos Huta Raja yang memiliki luas lahan 16 ribu meter persegi dilakukan pada tahun 2020-2021 dengan biaya sebesar Rp25,8 miliar. Lingkup pekerjaan yang termasuk dalam penataan kawasan tersebut antara lain revitalisasi atap Rumah Bolon, pembangunan baru Rumah Bolon, Pusat Informasi Budaya Galeri dan Souvenir, penataan Pagar Makam, amfiteater/plaza, warung kopi, dan toilet umum.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan terhadap revitalisasi ini, semuanya ini dikerjakan oleh Kementerian PUPR”, ujar Jokowi mengakhiri sambutannya.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami