Walikota Jambi Fasha Wakili Indonesia KTT ICLEI World Summit dan Inisiasi Kerjasama Luar Negeri



Nordik, Bidikkasusnew.com - Wali Kota Jambi Syarif Fasha hadiri Kongres Dunia ICLEI 2021-2022, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Malmo, yang diselenggarakan pada tanggal 11 hingga 13 Mei 2022 di Kota Malmo, Swedia.  Dalam KTT ini Fasha sebagai satu-satunya delegasi yang mewakili Indonesia dalam konferensi tahunan lembaga internasional ang fokus pada pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, terutama terhadap isu lingkungan global. 

Sebagaimana diketahui bahwa kehadiran Wali Kota Jambi pada KTT ini adalah sebagai perwakilan dari Indonesia dan presidency di kawasan Asia Tenggara. KTT Malmo kali ini bekerjasama dengan lembaga City Futures Academy dan The International Institute for Industrial Environmental Economics (IIIEE), Lund University, untuk mendukung upaya pengembangan kapasitas dan pembelajaranpara peserta KTT Malmo pada ICLEI World Congress.

ICLEI sendiri merupakan sebuah jaringan global 2500 pemerintah lokal dari berbagai wilayah dipenjuru dunia yang memiliki komitmen sama dalam pembangunan perkotaan yang berkesinambungan dan peka terhadap isu global, lingkungan, perubahan iklim dan kota yang tangguh dalam. Lembaga nirlaba yang aktif di 125 negara tersebut, mengajak pemerintahan yang berkomitmen untuk menciptakan kebijakan dan aksi nyata untuk menggerakkan kebijakan emisi rendah karbon didaerahnya, komitmen dalam menjaga keseimbangan alam hayati, dan kota-kota tangguh berwawasan lingkungan dalam kebijakan pembangunannya.

"Salah satu tantangan masyarakat perkotaan yang dihadapi Kota Jambi adalah pengelolaan sampah. Sebagai daerah perkotaan yang sedang berkembang, sampah masih didominasi sampah organik sebesar 61%. Sebagai kota yang sedang tumbuh, kami mencoba untuk mengelola pembangunan yang selaras dengan tujuan SDGs, saat ini kami memiliki beberapa proyek yang sedang berjalan untuk mengatasi masalah perubahan iklim," jelas Fasha dalam paparannya dihadapan delegasi KTT Malmo.

Lebih lanjut, Fasha menjelaskan bahwa dalam upaya pengelolaan sampah, Kota Jambi memiliki beberapa inisiatif kegiatan yang pro lingkungan seperti, aturan larangan membakar sampah rumah tangga secara terbuka, memilah atau memisahkan sampah dari sumbernya, mengubah sampah organik di Pasar menjadi gas metan bagi 100 rumah tangga untuk aktivitas memasak, menghasilkan listrik dari biogas (limbah menjadi energi).

Kami memiliki TPA (dengan sistem sanitasi) seluas 10 Ha dan mengubah gas metan di TPA menjadi gas untuk memasak yang didistribusikannya ke penduduk sekitar TPA secara gratis. kami terus menambah luasan ruang terbuka hijau publik (RTH), dari yang saat ini sebesar 10,74% menjadi 20% dari total luas wilayah kota. Untuk energi bersih, Kota Jambi telah dialiri jaringan perpipaan gas perkotaan. Untuk sektor transportasi, kami telah menginisiasi transportasi massal ramah lingkungan, uji emisi berkala kendaraan, pembangunan jalur khusus sepeda, dan program CFD/CFN diakhir pekan," ungkap Fasha.

Fasha juga mengutarakan bahwa kunci utama pembangunan lingkungan yang berkelanjutan adalah dengan kolaborasi kerjasama dari semua pihak tanpa terkecuali.

Tentu saja kami tidak bisa bekerja sendiri untuk mengatasi isu lingkungan. Kolaborasi memegang peranan penting dalam hal ini, baik kolaborasi dengan stake holder, maupun masyarakat itu sendiri. Walaupun tidak memiliki dana yang cukup banyak, namun kami percaya kekuatan kerjasama dan partisipasi masyarakat, "gotong royong" adalah kekuatan besar dalam pembangunan berkelanjutan bagi kota tangguh. Bersama kita bisa," pungkas Fasha.

.Disela lawatan ke benua biru belahan utara tersebut, Fasha juga melakukan kunjungan ke Kedutaan Indonesia untuk negara Denmark dan Kedutaan Indonesia untuk negara Finlandia. Wali Kota Fasha disambut secara langsung dalam jamuan makan malam oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Denmark, Dewi Savitri Wahab dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Finlandia dan Estonia, Ratu Silvy Gayatri. Dalam kedua kunjungan tersebut, Wali Kota Fasha menginisiasi kerjasama promosi daerah, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan multiplier effect ekonomi daerah di Kota Jambi dna Provinsi Jambi.

(arf)

Artikel Terkait

Berita|Jambi|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami