Biaya Di RSU Seger Waras Utama Asahan Bikin Pasien tercengang


Asahan, Bidikkasusnews.com - Luar biasa mahalnya...!, Biaya perobatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Seger Waras Utama. Yang berdomisili di Jalinsum Leidong Barat,  Kecamatan Aek Leidong, Kabupaten Asahan.
     
Hal ini dialami oleh IAR (48 th) warga Aekkanopan Timur, kepada awak media Bidikkasus Jumat,(02/12/22) "Sungguh diluar dugaan menurut nya  kalo biaya yang akan dikeluarkan dari kantongnya harus sebesar Rp 3 jutaan, dirinya terkejut dan tercengang melihat Kertas Rincian Administrasi pembayaran yang diberikan kepadanya, yang harus wajib dibayar.
     
Karna menurut perkiraannya paling biayanya paling habis berkisar 2 jutaan kebawah,namun ternyata biaya yang harus dibayar diluar perkiraan.
     
Padahal menurutnya, anaknya Artila Ardila, yang berusia 2 tahun  cuman merasakan sesak bernafas.
    
Lalu dibawalah ke Rumah Sakit Umum (RSU) Seger Waras Utama. dan pihak RSU Seger Waras Utama memberikan penanganan seperti: memberikan bantuan pernafasan  dengan memasukan dua selang ke dua lubang hidung anaknya melalui tabung oksigen. selama kurang lebih 1 jam.   
     
Setelah satu jam kemudian, selang dibuka lalu, digantikan dengan alat bantu pernapasan uap. selama kurang lebih 1 jam.
    
Setelah itu, dibuka oksigen uap itu, kemudian pasien diberikan suntik cairan infus set, 1 Botol yang diberikan kepada anaknya.
     
Hingga sore pukul 15:00 wib pihak Rsu.Segar Waras membawa anakya itu, untuk melakukan foto RONTGEN ke RSUD Kabupaten Labura, yang berkisar kurang lebih 8 Km dengan mobil Ambulance.
       
Dijelaskanya lagi,"Anaknya cuman menginap satu malam dari terhitung pagi Kamis (01/12/22) masuk jam 07:00 wib sampai ke esokan tengah hari Jumat jam 13:30 wib.
     
Dan infus cuman habis 1 botol,dan pulang diberi dua botol obat, kemudian 1 kali Rontgen dan itupun saya' tidak ada diberitahu hasil penyakitnya apa..?kemudian ada Tambahan bayar Ambulance,jasa rawat.
    
Dan jumlah biaya yang harus saya bayar mencapai 3 jutaan, ini sangat luar biasa rumah sakit ini mahalnya;dan pelayanannya pun lambat,"ucapnya.
    
Tambahnya lagi,"sebetulnya malam sekitar pukul 23:00 wib saya' dan keluarga bermufakat dengan niat untuk keluar dari RS itu, dan menemui pelayan RS namun pihak RS menyarankan tunggu habis infusnya.

    
Akhirnya,saya ikuti anjuranya  dan tidak jadi malam itu untuk keluar. 
    
Kemudian dikeesokan harinya, saya ingin berniat lagi untuk keluar dari RS itu dan akan menyelesaikan administrasi pembayaran. Pihak rumah sakit mengatakan tunggu dokter anak  belum datang.
    
Hingga sudah berulang-ulang saya dan keluarga saya menanyakan untuk secepatnya agar untuk keluar dari RS Seger Waras Utama ini, namun tidak juga alasan sebentar lah, dan banyak yang mau diurus bukan 1 orang yang mau keluar jadi sabarlah..!"ucap ia'r menirukan  pelayan dan kasir RS itu.
      
Dan sudah berulang-ulang saya, dan keluarga menjumpai pelayan RSU agar meminta kepada pelayan RSU segera untuk kami menyelesaikan administrasi yang harus kami bayar namun tidak juga selesai-selesai.
      
Hingga akhirnya dari pagi jam Delapan niat keluar sampai tengah hari pukul 14:00 wib baru keluar.
     
Namun sangat terkejutnya saya' ketika hendak membayar diruang kasir ketika kasir memberikan kertas rincian biaya yang harus wajib saya bayar, ternyata diluar dugaan saya  biaya itu mencapai Rp 3 juta rupiah.
     
Padahal rincian perkiraan saya paling habis 1,5 jutaan saja, ternyata diluar perkiraan saya.
    
Jadi menurut saya di RS ini, terkesan luar biasa mahalnya, dan pelayanannya pun lambat.
    
Untuk jam makan siang ajapun sampai jam 13:00 wib masih belum ada yang mendapat jatah makan sampai pasien datangi pelayan untuk menanyakan jatah makan siang.
     
Sementara terlihat para pelayan RSU itu, lagi santai menikmati makan siang bersama rekan kerjanya"pungkasnya.
    
 Ia juga memberitahukan lembaran kertas rincian pembayaran yang sudah dibayarnya kepada awak media ini dan menceritakan segala Keluh,Kesahnya.
    
Awak media lalu mencoba untuk melakukan konfirmasi kepada pimpinan RSU Segar Waras Utama melalui pesan WhatsApp pada Jumat sore 17:00 wib dan menanyakan:
1. Kenapa tidak ada hasil laboratorium 
2. Kenapa tidak ada ketemu dengan dokter sebagai jasa konsultasi?
3. Kenapa ada beban bayar Ambulance 200 ribu untuk rujuk foto Rontgen yang jaraknya hanya kurang lebih 8 kilo ?
4. Kenapa tidak ada inform concern ttg keadaan pasien
5.kenapa pelayanan administrasi harus menunggu berjam-jam lamanya dari jam pagi sampai jam 13:30 wib lamanya baru bisa keluar. Padahal malam hari pasien sudah minta mau pulang, tp dialasankan tunggu habis infus, dan pagi juga ditunggu sampai jam sore baru keluar.dan padahal mau bayar biaya administrasi. 
   
Dan secara logikanya hanya menginap 1 malam, obat 1 botol infus, biaya foto Rontgen,Ambulan  dll sampai hampir 3 juta...? Apakah ini sudah sesuai SO'P harga HET..? 
      
nebul ventolin itu 11ribu /pcs tapi dirincian pembayaran tertulis Rp110.000,-  3X jadi sebesar Rp330.000,- Mohon penjelasanya dari bpk pimpinan RSU Segar Waras Utama.
      
Namun terlihat pesan WhatsApp terlihat terbaca dengan tanda ceklis dua biru namun, Hingga sampai keesokan hari ditunggu, pimpinan RSU Segar Waras Utama juga tidak memberikan jawaban,ataupun klarifikasi hingga berita ini sampai dimeja redaksi.  (Eko s.rino)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami