Cek Kesiapan Venue PON XXI 2024, DPRD Sumut Sambangi Taman Hutan Raya


KARO, bidikkasusnews. Com - Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting bersama Anggota Komisi E DPRD Sumut mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan. Kunjungan itu dilakukan guma melihat sejauh mana kesiapan Tahura sebagai lokasi perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang rencananya akan digelar di Sumatera Utara dan Aceh pada September 2024 mendatang.

Pantauan di lapangan, Baskami hadir bersama Anggota Komisi E DPRD Sumut, seperti Edi Surahman Sinuraya, Soetarto, Ruben Tarigan, Tuahman Purba, Remita Sembiring, Hendro Susanto dan Anita Lubis. 

"Tahura ini sebagai salah satu venue mountain bike. Jadi kami ingin tahu kesiapannya sudah seperti apa dan standarisasinya bagaimana," ucap Baskami.

Menurut Baskami, kegiatan PON merupakan perhelatan akbar olahraga nasional yang perlu diberikan perhatian khusus. Dengan demikian, hal itu menjadi tanggungjawab Sumut sebagai tuan rumah. 

"Jadi kita ingin melihat soal kesiapan anggaran, sarana dan prasarana penunjang setiap cabang olahraga, akomodasi, transportasi," ujarnya. 

Politisi PDI Perjuangan itu juga mendorong Dinas Pemuda dan Olahraga, KONI Sumut, dan pihak terkait lainnya untuk berkoordinasi secara intens terkait persiapan PON XXI.

Baskami ingin, digelarnya PON XXI di Sumut sebagai salah satu tuan rumah dapat memberikan hasil yang maksimal, sehingga membuat Sumatera Utara semakin bermartabat, khususnya di bidang olahraga.

"Untuk itu kita akan undang RDP dinas terkait mengenai progress PON XXI ini," katanya. 

Sementara itu, Kabid Pemuda Dispora Pemprovsu, Budi Syahputra, mengatakan terdapat sembilan daerah kabupaten/kota yang menjadi venue PON XXI. 

"Per 20 Maret Bapak Gubernur telah mengeluarkan SK venue untuk cabang olahraga. Terdapat 9 kabupaten kota dari daerah itu, ada 8 venue yang kita lakukan rehab maupun renovasi," jelasnya.

Budi mengatakan, untuk Kabupaten Karo akan digelar mountain bike di lokasi Taman Hutan Raya dan pertandingan catur pada salah satu hotel di sana. 

"Kita sedang menunggu kunjungan terkait studi kelayakan dan standarisasi venue, termasuk track mountain bike di Tahura ini," terangnya. 

Budi menjelaskan, PON XXI rencananya digelar pada 8 September 2024 dan akan ditutup pada 20 September 2024 di Stadion Desa Sena, Deliserdang. 

"Mengenai penganggaran kita masih menggunakan yang ada di APBD. Kami membuka ruang seluasnya untuk diskusi terkait persiapan PON XXI ini," tutupnya.

Sementara itu, Perwakilan Balai Pengelola Tahura Bukit Barisan, Faisal mengatakan pihaknya menyambut baik rencana Tahura menjadi salah satu venue PON XXI.

"Kami siap dan menyambut baik. Hal ini juga sekaligus menunjukkan eksistensi Tahura," jelasnya.

Faisal berharap, semua pihak dapat bersama membantu kesiapan PON XXI mendatang.

"Kami juga perlu mengetahui bagaimana untuk pembuatan trek mountain bike dan penganggarannya nanti. Semoga semua bisa terlaksana seperti yang kita harapkan," pungkasnya.

(Ariansyah Lubis) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami