PW. IWO Sumatera Utara Selenggarakan Diskusi Publik Dan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024


MEDAN, Bidikkasusnews.com - Kepolisan Daerah Sumatera Utara (Poldasu) telah mempersiapkan berbagai persiapan pengamanan menjelang perhelatan politik tahun 2024 mendatang, secara maksimal, bertekad menyukseskan perhelatan pemilu ini secara aman, lancar dan nyaman.

Hal ini di sampaikan Kapolda Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bidang Humas (Kabid Humas) Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi pada acara Diskusi Publik dan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang diselenggarakan Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online (PW IWO) Sumatera Utara, di Gedung H Anif UIN SU Medan.

“Polri menggelar operasi mantap Brata dan Polda Sumut telah menyiapkan berbagai langkah-langkah pengamanan, mengingat dinamika politik Nasional dan daerah sudah mulai menggeliat menjelang perhelatan politik nasional tahun depan,”ujar Kombes Pol Hadi Wahyudi dalam paparannya.

Lebih jauh disampaikan Perwira Menengah ini, untuk menjaga kondusifitas agar kondisi Kamtibmas dapat berjalan baik, maka pers memiliki posisi penting dalam menjaga suasana kondusifitas dapat terjaga dengan baik.

“Sumut merupakan Propinsi terbesar untuk wilayah Sumatera, dan menjadi lumbung suara, dinamika inilah di kelola Polda Sumut, agar tidak terjadi benturan ditengah masyarakat, disebabkan adanya perbedaan warna dan pilihan politik dan jika tidak di antisipasi, dapat menimbulkan konflik sosial ditengah masyarakat,”ujarnya.

Polda Sumatera Utara berharap, kondisi Kamtibmas di Sumut yang baik ini harus dijaga, agar tidak menimbulkan persoalan, mengingat tingkat kejahatan dalam 3 bulan terakhir trendnya menurun.

“Situasi kondusif ini harus di jaga secara bersama, termasuk media berperan penting terciptanya suasana Kamtibmas yang mantap, hal yang harus di pahami bahwa pengguna internet di Indonesia ada 215,63 jt pengguna internet artinya pengguna teknologi ini sangat berpotensi terjadinya kesalahpahaman, jika tidak di kelola secara baik, kita berharap edukasi yang tersajikan lewat media, ini mampu mengimbangi informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,”ujar Kabid Humas tegas.

Jika setiap berita tidak terkonfirmasi maka itu masuk kategori hoax, dan kita semua mempunyai tanggung jawab dalam menjaga suasana yang sudah baik ini, agar terhindar dari situasi dan kondisi yang bisa menganggu jalannya pesta demokrasi.

“Konfirmasi itu solusi terbaik guna menghindari terjadinya kesalahan pengguna informasi, ada 800 ribu situs informasi terindikasi penyebaran informasi palsu dan ini berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas dikarenakan adanya informasi yang tidak benar, inilah tugas dan peran media ikut berkontribusi menjaga suasana ini dengan penyajian berita yang objektif dan bertanggung jawab,”sambungnya.

Lebih jauh disampaikan Kombes Pol Hadi Polda Sumatera Utara menyiapkan Patroli Cyber bertugas berpatroli di dunia maya mencari situs yang bersifat provokatif, disamping ada petugas Kepolisian yang siap berjaga mengamankan situasi keamanan menjelang perhelatan politik ini.

“Semoga kolaborasi seluruh pihak, termasuk peran media itu sangat penting dalam menjaga situasi ini semakin mantap, baik dan lancar sehingga seluruh aktivitas masyarakat dapat berjalan baik,”ujarnya.

Diskusi Publik yang dirangkai dengan Deklarasi Pemilu Damai, di isi narasumber lainnya seperti Kotaris Banurea, SH.I, MM Komisioner KPU Sumut Bidang Perencanaan dan Logistik, Ketua Umum PP IWO Tengku Yudistira, insan pers, mahasiswa dan undangan lainnya.

( INDRA SARAGIH, SE )

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami