Ketua DPRD Kota Jambi Pimpin Paripurna Puncak HUT Kota Jambi ke-78 Dan Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Betuah Ke 623 Tahun

Kota Jambi, bidikkasusnews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi menggelar Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka puncak peringatan HUT Kota Jambi ke-78 tahun 2024 dan Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Batuah ke-623 tahun. Sidang Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Jambi Putra Absor Hasibuan, SH bertempat di Gedung Searna Bumi DPRD Kota Jambi Selasa, 28 Mei 2024.

Acara Sidang Paripurna dihadiri langsung Gubernur Provinsi Jambi Al Haris, Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, Konsulat Jendral Singapore, Anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi H. Bakri, para Wakil, Ketua Ketus Komisi DPRD dan anggota DPRD kota Jambi, para Penjabat/Kepala Daerah se-Provinsi Jambi, Forkopimda se Provinsi Jambi, turut hadir pula para mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi, para mantan Ketua DPRD Kota Jambi, serta instansi vertikal dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Jambi Putra Absor Hasibuan mengucapkan terimakasih nya atas kehadiran seluruh tamu undangan dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota Jambi ke-78, dan Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Batuah ke- 623.

“Saya beserta Seluruh unsur DPRD Kota Jambi dan beserta Pemerintah Kota Jambi Mengucapkan banyak terimakasih atas kehadirannya pada acara Paripurna ini dan mengucapkan selamat atas raihan prestasi Pemkot Jambi selama tahun 2023 hingga Mei 2024,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini pula Abshor Hasibuan menyampaikan beberapa kinerja DPRD Kota Jambi selama tahun 2023 yang telah menghasilkan 6 produk hukum Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dan telah mengesahkan enam Enam Ranperda tersebut menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Jambi.

"Sepanjang tahun 2023 ini ada Enam Perda yang telah kita sahkan menjadi Perda, adapun Perda tersebut meliputi Perda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Perda tentang Kota Layak Anak, Perda tentang Grand Desain Pembangunan Kota Jambi tahun 2020 - 2035, Perda tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Jambi tahun 2023, Perda APBD-P 2023, dan Perda APBD 2024," terang Absor.

Kami juga terus berupaya menyelaraskan pembangunan di Kota Jambi, tanpa ada unsur politik, dengan harapan agar Kota Jambi lebih baik lagi.

“Kita berharap kedepan Kota Jambi bisa lebih baik lagi dalam infrastruktur, kesehatan, pendidikan, penanganan miskin ekstrim dan penanganan banjir dan semoga pemimpin kedepannya lebih baik lagi, dan anggota dewan yang terpilih nantinya bisa lebih optimal lagi dalam melayani masyarakat,” ujar Absor.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, SH, M.A.P juga menyampaikan hal yang sama mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh undangan yang hadir dalam HUT Kota Jambi ke-78, dan Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Batuah ke- 623. Melalui tema “Kolaborasi Untuk Kota Jambi yang Harmoni” Sri Purwaningsih mengajak untuk terus memperkuat, bersatu, bahu-membahu dan bersinergi dalam membangun Kota Jambi, Tanah Pilih Pusako Betua tercinta ini.

“Melalui perjalanan panjang tanah pilih pusako batuah menjadi motivasi untuk terus menjaga nilai-nilai, semangat, pengorbanan dan kegigihan untuk terus membangun kemajuan ditengah tantangan dan kemajuan zaman saat ini,” terang Pj Wali Kota. Sri Purwaningsih. 

Selain itu, Sri juga memaparkan capaian kinerja Pemkot Jambi pada tahun 2023 melalui indikator makro daerah yang menunjukkan perkembangan positif.

“Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) pada Tahun 2023 mencapai 6,61 persen, jauh melampaui pertumbuhan Ekonomi Nasional sebesar 5,05 persen. Inflasi year on year Tahun 2023 berada di angka 3,27 persen. Angka ini terus kita kendalikan, sehingga Inflasi Kota Jambi month to monthpada periode April 2024 minus 0,05 persen atau terjadi deflasi”,papar Sri Purwaningsih.

“Terkait kemiskinan, Kita mampu menekan angka kemiskinan menjadi 8,24 persen , atau turun dari angka Kemiskinan 2022 sebesar 8,33 persen. Angka Kemiskian Kota Jambi berada di bawah angka kemiskinan Nasional yang tercatat 9,36 persen.”sambung Sri.

Dalam kesempatan ini juga, Pj Wali Kota Jambi Dri Purwaninhsih memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih nya terhadap jajaran Pemkot Jambi yang telah menjadi garda terdepan dibalik suksesnya roda pemerintahan di Kota Jambi.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Gubernur Jambi Al Haris mengucapkan selamat atas HUT Pemkot Jambi ke 78 dan Hari Lahir Pusako Batuah ke 623.

“Kota Jambi adalah barometer sebagai ibu kota Provinsi, jadi apa yang disampaikan oleh Pj Wali Kota Jambi barusan merupakan capaian Pemkot Jambi sudah luar biasa,” ucap Al Haris.

Gubernur Jambi Al Haris juga mengucapkan terimakasih nya kepada para pemimpin terdahulu Kota Jambi. Karena berkat kerja keras nya dapat menjadikan kota Jambi seperti saat ini, dan berharap kedepannya Kota Jambi melahirkan sosok pemimpin terbaik melalui suara rakyat nanti.

“Saya selaku Kepala Daerah di Provinsi Jambi ini, berharap di Pemilihan Kepala Daerah yang akan datang bisa melahirkan pemimpin yang terbaik melalui suara keinginan rakyat. Sehingga bisa lebih memajukan kota Jambi ini menjadi lebih baik lagi,” tutur Gubernur Al Haris.

Dikesempatan ini pula, sebagai kado di hari yang istimewa bagi Kota Jambi dan Hari jadinya Tanah Pilih Pusako Betuah Gubernur Jambi Al Haris memberikan hibah tanah dari Provinsi ke Kota Jambi sebanyak lima titik bidang tanah.

(Arf)

Artikel Terkait

Berita|Jambi|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami