Pemkab Aceh Tenggara Peringati Hari Lahir Pancasila ke 79


Kutacane, bidikkasusnews.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari lahir  Pancasila yang ke 79. Bertempat di lapangan Jenderal Ahmad Yani, Kutacane, Aceh Tenggara, Senin (1/6).

Dengan  mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", bertindak sebagai inspektur upacara langsung dipimpin oleh oleh Dandim 0108 Agara, Letkol Czi Murdiyantoro, dalam penyampaian amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa yang menyongsong Indonesia emas.

"Pancasila sebagai ideologi bangsa yang menyatukan segala perbedaan, baik suku, agama, budaya dan bahasa. Untuk menyongsong 100 tahun Pancasila di tahun 2045 nanti, Indonesia lebih maju, mandiri dan terus berdaulat," ungkapnya.

Dia mengatakan, Pancasila patut disyukuri sebagai ideologi sebuah bangsa yang majemuk dengan nilai nilai kandungnya. Bahwa Pancasila sebagai pemandu kehidupan bangsa dan bernegara.

Pancasila juga merupakan anugerah Tuhan yang Maha Esa. Selain itu  Pancasila  mengandung nilai nilai luhur yang menjunjung tinggi toleransi dan gotong royong, sehingga dirajut sebagai identitas nasional dalam bentuk Bhineka Tunggal Ika.

Disebutkan juga, bahwa Pancasila sebagai meja statis, yang terbukti mampu mempersatukan bangsa dari beragam sejarah maupun gelombang dan serta ujian. Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

"Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini. Pancasila harus senantiasa dijiwai dan pedomani, sehingga menjadi ideologi seluruh tumpah darah Indonesia," ujarnya.

Disebutkannya, perkembangan situasi global kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Dia mengatakan, pesatnya kemajuan teknologi informasi yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (Smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan.

"Harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana, terutama untuk menyiarkan konten-konten dan narasi yang positif, agar mencerminkan aktualisasi nilai- nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat yang berbangsa dan bernegara.

Murdiyantoro juga mengatakan dengan Pancasila yang kuat, kita yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa akan dapat diatasi, baik ditengah krisis global yang terjadi saat ini, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik.

Keberhasilan itu, tentunya merupakan sumbangsih gotong royong dari seluruh anak bangsa dengan mengutamakan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya. 

"Kita patut bersyukur dan bangga, bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa dan bernegara. Kita juga harus bersyukur dan berbangga, telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai," ungkapnya.

"Saya juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum Milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa," katanya. 

"Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ke 79 ini, dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," sebutnya.

Turut hadir dalam Upacara Peringatan Hari Pancasila ke 79 tahun  2024, diantaranya, Asisten I Sekdakab, Drs. Muhammad Ridwan, Ketua MAA, Dr. H. Thalib Akbar, Kabag Ren Polres, AKP Nur Sodik, Jaksa Fungsional, Al-Ghifari, Ketua Pengadilan, Ade Yusuf, Ketua Mahkamah Syariah Aceh, Suandi, dan segenap Kepala OPD lainnya.

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami