Anggaran Dana Pengadaan Obat di RSUD Aek Kanopan antara 4 atau 5 Milyar

Aek Kanopan, BidikKasusnews.Com - Seperti diberitakan sebelumnya beberapa Pasien BPJS di RSUD Aek Kanopan terpaksa membeli sendiri beberapa jenis obat - obat berharga mahal.( Jum'at, 11/10/2019 )

Terkait hal tersebut , awak media melakukan konfirmasi pada KTU RSUD Aek Kanopan berinisial S, ( Senin, 14/10/2019 ).

Saat ditemui di ruangannya KTU mengatakan , tahun 2019 RSUD Aek Kanopan menganggarkan antara 4 atau 5 Milyar yang berasal dari alokasi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Labuhanbatu Utara untuk pembelian obat - obat yang dibutuhkan pada pelayanan pasien.

" Anggaran pembelian obat RSUD tahun ini antara 4 atau 5 Milyar , namun saya kurang pasti. Alokasi dana berasal dari APBD Daerah dan Klim Jasa Pelayanan Medis BPJS tahun sebelumnya ".

Dikatakannya bahwa dalam penyusunan anggaran untuk pembelian obat, RSUD membentuk Tim Penyusun yang terdiri dari dokter, apoteker, asisten apoteker.

" Pengadaan obat sesuai dengan formula yang disusun oleh Tim Penyusun, Tim inilah yang menyusun anggaran kebutuhan obat yang akan digunakan untuk perobatan pasien RSUD.

Sedangkan untuk proses pengadaannya RSUD melalui PPK langsung melakukan pemesanan ke penyedia barang melalui e - katalog.

Dikesempatan yang sama S petugas instalasi farmasi RSUD Aek Kanopan mengatakan bahwa saat beberapa jenis obat telah habis stoknya, ia langsung mengajukan permintaan obat.

" Begitu obat habis langsung kami minta, seperti obat Tarivid contohnya, obat itu sudah lama kami minta dan sudah masuk. Namun belum kami terima entah dimana kendalanya kami ngak tahu " ujar S.

Lagi menurut mereka obat yang dipesan belum tentu datang semua, mungkin habis persedian obat penyedia / pabrik farmasi.

Proses pemesanan dilakukan oleh PPK. Saat ini RSUD Aek Kanopan memakai PPK dari Dinas Kesehatan Kab. Labuhanbatu Utara. Proses pemesanan dapat dilakukan kapan saja, hanya pembayaran dilakukan sesuai dengan alur kas. ( Zhal / Eko S Rino )

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami