ANSM Desak Kapal Tongkang Pembuang Tanah Limbah Perusak Mata Pencarian Nelayan

Belawan, bidikkasusnews.com - Abdul Rahman alias Atan selaku Ketua Aliansi Nelayan Selat Malaka Sumut (ANSMSU) mendesak instansi dan aparat terkait menindak tegas kapal tongkang SB Waruna 1 yang senggaja sembarangan membuang tanah limbah di sekitar 3 mil perairan Belawan mengakibatkan rusak dan hancurnya jaring milik kalangan nelayan yang dilabuhkan.

Menurut Atan, Akibat bebas beroperasinya  pembuangan tanah limbah diduga laut Belawan jadi tercemar bahkan kalangan  nelayan kecil merasah resah sebab selain  merusak alat tangkap jaring yang mereka labuh, habitat bawah laut menjadi hancur.

Hasil dari gambar tanpak  kapal tongkang BS Waruna 1 yang ditarik Tagboat Murni Karya Belawan  yang berhasil direkam pada tanggal 21 Oktober 2019 sekira pukul 14.30.WIB disekitar 3 mil dari perairan Belawan.

Kapal Tongkang BS  Waruna 1 yang ditarik oleh Tag Boat Murni Karya membuang sembarangan Tanah limbah ke laut atau zona Tangkap ikan Nelayan

Abdul Rahman pada awak media Rabu (23/10/2019) di Warkop Katar Belawan menyebutkan dalam UU No. 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah turunannya Perda No 4 tahun 2019 tentang rencana tata ruang perairan, bahwa semua kegiatan diperairan 0 s/d 12 mil harus izin Provinsi. 

Kita harus Pertanyakan izin dari siapa kapal tersebut membuang tanah limbah  kelaut yang menyebabkan kerugian kepada para Nelayan yang hidupnya dengan mencari ikan dll kalau sudah seperti Limbah yang di satukan dengan air Laut ya ikan dan habitat laut juga punah, Ucap Abdul Rahman.

Dan juga izin operasinya  bisa di cabut apabila merusak  kelangsungan Hidup habitat di laut dan akan kita surati Ke Intansi terkait, ucap yang sering disapa Bung Atan yang peduli dengan nasib nelayan tersebut.

“Lihatlah Bang, jaring kami jadi rusak akibat  limbah tanah dan barang rongsokan di buang ke laut, kalau sudah begini kemana lagi kami harus mengadu,”ucap  Dani salah seorang Nelayan yang jaringnya hancur terkena pembuangan tanah limbah kelaut, pada Awak media di Tangkahan Sungai Deli Lingkungan 7 Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan.

Inilah keluhan kami dari Masyarakat Nelayan yang menjadi korban akibat dari kapal Tongkang BS  Waruna I yang buang tanah limbah kelaut.Keluh nelayan tersebut sembari menunjukkan bukti jaringnya yang rusak terkena rongsokan limbah besi dan tanah yang dibuang kapal tongkang tersebut. (Suryono)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami