Forkala Ulas 16 Etnis di Medan, Hasyim : Generasi Muda Harus Paham Budaya

Medan, bidikkasusnews.com - Generasi muda diharapkan mengetahui berbagai kekayaan budaya di Kota Medan. Dengan keberagaman suku/etnis, Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kota Medan menerbitkan buku tentang keberadaan 16 suku/etnis dari 24 etnis di kota metropolitan ini.

Penerbitan buku ini mendapat apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan. Hal ini disampaikan Ketua DPRD Medan Hasyim SE usai menerima rombongan Forkala Kota Medan di ruang kerjanya, Senin (28/10/2019).

“Dengan buku yang diterbitkan Forkala tentang multi etnis di Kota Medan, ini bisa memberi pembelajaran, pemahaman serta dapat menambah wawasan bagi generasi muda bahwa di Kota Medan itu kaya dan multietnis,” kata Hasyim pada rombongan yang dipimpin Ketua Forkala Medan Datuk Adil Freddy Haberham SE.

Dia menilai, Forkala punya peran penting dalam menyatukan multi etnis yang ada di Kota Medan ini. Bagaimana tidak, etnis yang tinggal di Medan sebanyak 24 etnis. “Dengan jumlah tersebut, Saya lihat Medan cukup harmonis sampai saat ini. Meski pun multi etnis, multi kultural, dalam perjalanannya di Kota Medan sangat baik,” tutur Hasyim menilai keberadaan Forkala yang terbentuk sudah 15 tahun dan berperan dalam mempersatukan keharmonisan di antara etnis di Kota Medan.

“Jadi ini sangat penting dan ini bisa mendukung Kebhineka Tunggal Ikaan yang ada di Kota Medan. Semoga hubungan harmonis ini bisa terus terjaga, terbina dengan baik sehingga masyarakat Kota Medan tetap aman, tertib dan kondusif,” jelasnya.

Ketua Forkala Medan Datuk Adil Freddy Haberham SE mengungkapkan tujuan kunjungannya menemui Ketua DPRD Medan Hasyim SE untuk bersilaturahmi sekaligus mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Hasyim sebagai anggota DPRD Medan serta menjadi orang nomor satu di lembaga legislatif tersebut.

“Selain itu, kami juga ingin memperkenalkan Forkala Medan yang merupakan forum menaungi adat di Kota Medan ini. Dan kami telah pula menerbitkan buku yang berisi rangkuman dari silsilah atau atur/cara bagaimana arti daripada adat istiadat dari etnis yang ada di daerah ini. Baik itu adat tempatan, etnis pendatang maupun etnis mancanegara yang kurang lebih ada 24 etnis,” beber Freddy yang turut didampingi Wakil Ketua Forkala A Raja Nasution, Sekretaris Amin Harahap dan anggota Forkala dr Delyuzar, Rolly Piay dan Admar J Koto. (Ayu)

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami