Salah Informasi, Distribusi Kualitas Air Terganggu Dibeberapa Wilayah Kota Medan

Medan, bidikkasusnews.com - Terjadinya gangguan kualitas air yang terdistribusikan kepada pelanggan di wilayah Cabang Sunggal, Cabang Padang Bulan, Cabang Diski dan Cabang Sei Agul pada hari Selasa (15/10/2019) disebabkan kesalahan informasi ketingian air di dalam Reservoir 3 (Jalur Q6 dan Q7) yang ditampilkan oleh SCADA (Supervisory Control And Data Acquistion) pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sunggal.

Hal ini merupakan buntut dari kerusakan Panel Inverter di IPA Sunggal akibat sambaran petir beberapa waktu lalu yang menyebabkan 3 pompa terhenti (namun kondisi tersebut sudah dilakukan perbaikannya). Sambaran petir ini juga ternyata mempengaruhi SCADA yang ada di IPA Sunggal sehingga sistem monitoring ketinggian air pada reservoir tidak terpantau dengan baik.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri yang didampingi Direktur Air Minum Joni Mulyadi dalam siaran persnya kepada wartawan, Selasa (15/10/2019) setelah memimpin dan melakukan koordinasi langsung dengan Tim Divisi Pengolahan Air Minum (PAM).

Sejauh ini kondisi di lapangan dapat terhandle dengan baik dan perbaikan terus dilakukan. “Saat ini petugas sedang melakukan upaya perbaikan terhadap alat monitoring tersebut, diharapkan perbaikan dapat secepatnya selesai,” kata Trisno Sumantri.

Untuk antisipasi awal, lanjut Trisno Sumantri, petugas di Cabang Pelayanan telah melakukan pembuangan air melalui Wash Out (WO) yang ada di setiap pipa distribusi agar aliran air ke pelanggan dapat kembali normal kualitasnya.

“Kami mohon maaf atas gangguan ini, pelanggan kami yang mengalami ganguan air dapat menghubungi Cabang Pelayanan terdekat atau melalui Halo Tirtanadi di nomor 1500922, pungkas Trisno Sumantri. 
(Ariansyah Lubis, SH)

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami