SEBUAH HAL ISTIMEWA DILAKUKAN Laksamana Pertama (Purn) MARHUALE SIMBOLON UNTUK KABUPATEN SAMOSIR

Samosir, bidikkasusnews.com - Laksamana (Purn)  Marhuale Simbolon SPi adalah salah seorang putra terbaik Samosir. Beliau adalah seorang Purnawirawan Berpangkat Laksamana Pertama TNI AL, Lahir di desa Hutanamora Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir 59 tahun yang lalu. Setelah pensiun dari ketentaraan beliau merasa terpanggil untuk membangun tanah kelahirannya Samosir. 

Yang istimewa dari sosok seorang Marhuale berdasarkan data yang kami himpun dari tokoh tokoh marga di Samosir dan di luar daerah, terutama di Daerah Provinsi DKI sekitarnya, bahwa beliau adalah Ketua Umum sebuah marga yakni marga Simbolon Pande.  
Marhuale sebagai Ketua Umum Simbolon Pande Se Dunia,  telah menjadikan kumpulan marga tersebut sebagai sebuah kumpulan marga yang sangat besar, dan dibawah kepemimpinannya Kumpulan Marga Simbolon Pande telah melakukan banyak hal kepada seluruh anggotanya di seluruh wilayah terutama yang ada di bonapasogit (Samosir),  tidak hanya kepada anggotanya melainkan kepada banyak masyarakat desa yang ada di sembilan kecamatan samosir. Baik melalui kumpulan marga Simbolon Pande bahkan secara pribadi beliau telah memberikan banyak Beasiswa kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Kepada para petani beliau telah menyumbangkan tidak sedikit alat alat pertanian seperti : Handtraktor, Komben, pemipil jagung dan jenis alat lainnya.  Memberi permodalan untuk bertani Lemon di huta Sitabo tabo desa Hutaginjang kecamatan Palipi, memberi bantuan berupa ternak, membangun jalan jalan usaha tani,  membangun embung seperti membangun lima buah embung di desa Parmonangan kacamatan Pangururan. 
Hari ini Sabtu, 07-12-2019 beliau bersama masyarakat samosir yang mencintai musik melaksanakan sebuah kegiatan yang sangat Istimewa yakni sebuah perlombaan Lagu Trio,  Perlombaan yang di ikuti sedikitnya 22 Trio yang ada di kabupaten samosir. 

Perlombaan Trio yang memperebutkan Total Hadia 40 juta rupiah dan piala kepada para juara. 

Marhuale Simbolon adalah sosok yang sangat mencintai musik terlebih musik batak,  tidak saja pencinta musik beliau juga sangat menguasai memainkan banyak jenis alat musik batak seperti : Sarune,  Sulim (seruling. ret),  Hasapi,  dan Tagading juga yang lainnya.
Saat Kabiro Bidik Indonesia sempat mewawancarai beliau dilokasi Perlombaan Lagu Trio, menayakan apa yang menjadi alasan dan tujuan beliau dan rekan rekan termasuk Musisi Kawakan tanah air Korem Sihombing melaksanakan kegiatan hari ini,  beliau menyampaikan adalah sangat besar keinginan beliau mengangkat potensi besar yang dimiliki masyarakat samosir di dunia musik dan seni tarik suara. Beliau masih melihat selama ini potensi yang besar ini belum di jadikan sebuah modal yang sangat berharga didalam membangun kabupaten ini. 
Industri musik dan tarik suara (menyanyi. ret)  jika di bangun,  dikelolah akan menjadi sumber penghasilan (mata pencaharian).

Beliau berharap jika Tuhan memberinya kesempatan untuk memilihnya lewat suarah masyarakat Samosir. Dikatakan beliau saat ini dalam mempersiapkan dirinya untuk dapat ikut menjadi calon bupati samosir pada pemilihan di tahun depan, jika Tuhan berkehendak atas dirinya untuk bisa terpilih sebagai bupati samosir,  sangat besar niat beliau untuk membangun kabupaten ini,  dikatakan beliau bahwa membangun parawisata sebaiknyalah sejalan dengan membangun industri musik batak karena itu sangat senafas.  
Musik batak harus dijadikan industi yang bisa mendatangkan devisa (PAD)  baut samosir, begitu juga kelebihan yang dimiliki masyarakat samosir yang memiliki talenta suara yang sangat bagus itu adalah kekayaan yang harus di kelolah menjadi penghasilan. 

Sangat kuat keinginan beliau membangun industri musik di samosir dan beliau berkeinginan jika di samosir ada sebuah gedung seni dimana digedung tersebut akan selalau diadakan festival musik batak dan opera batak. Beliau berkeinginan menjadikan samosir sebagai kiblat musik batak, samosir bisa menjadi pusat industri budaya batak, musik batak dan industri lagu batak khususnya dikawasan danau toba.

Lebih jauh beliau meminta kepada masyarakat media di samosir dan di luar samosir untuk membantu menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat samosir baik yang ada di luar samosir terutama yang tinggal di kabupaten samosir untuk mendukung setiap upaya membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat samosir dalam pembangunan budaya batak,  musik batak dan penyanyi penyanyi batak, terutama yang ada di kabupaten samosir. 

Saya berharap agar pemusik,  penyanyi samosir di banggakan dan di pakai dalam setiap kegiatan apapun di samosir. 
(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami