DPRD Kab. Samosir Memberi Perhatian Dan Berharap UMKM Di Samosir Bisa Berkembang Dan Maju

Samosir, bidikkasusnews.com - Untuk mendukung keberadaan UMKM di kabupaten samosir Pimpinan dan Komisi II DPRD Kab. Samosir melaksanakan kunjungan dalam rangka konsultasi dan koordinasi dalam upaya untuk pengembangan dan pengelolaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang Kerajinan Tenun Ulos ke Desa Hutanagodang Kec. Muara Kab. Tapanuli Utara.

Kunjungan yang berlangsung Sabtu,11/07/2020 turut dalam kunjungan perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Samosir.

Rombongan disambut, diterima oleh Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Tapanuli Utar Bpk. Marco Panggabean yang juga didampingi Kepala Desa Hutanagodang, Ketua Sanggar Tenun Harungguan Gokma  Siregar.

Pada Kesempatan tersebut Ketua DPRD Kab. Samosir Saut Tamba menyampaikan terimakasih atas sambutan yang begitu baik terhadap kedatangan rombongan yang dipimpinnya, selanjutnya menyampaikan secara terbuka hal maksud dan tujuan  dilaksanakannya kunjungan ke Sanggar Tenun ini.

Disampaikan bahwa melalui kunjungan ini diharapkan didapat masukan dan ilmu dari kelompok kerajinan tenun (sanggar) ini yang akan kami jadikan sebagai bahan, pertimbangan dalam membuat kebijakan dan mendorong untuk dibuatnya uturan guna mendorong pengembangan UMKM khususnya bidang Tenun ulos di daerah kami kabupaten samosir.

Pengelolaan Tenun ulos ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan menjaga warisan budaya leluhur kita, dan tentunya mengangkat nilai dan nama ulos ini menjadi Lebih berharga dan dikenal dunia.
Ketua Sanggar menjelaskan ulos yang ditenun terdiri dari berbagai jenis diantaranya Ulos Harungguan, Ulos Sibolang, Ulos Bintang Maratur, ulos Marketer.

Akan tetapi yg menjadi andalan untuk diproduksi para pengerajin tenun ulos di sanggar ini yakni Ulos Harungguan. Kita menenum ulos harungguan karena harganya mahal dan diterima di mancanegara ujar Bpk. Marco Panggabean menambahkan.

Ketua  Komisi II DPRD Kabupaten Samosir mengapresiasi atas sinergi antara pemerintah dan kelompok pengerajin dalam mengembangkan UMKM ini. Harapan kami nantinya melalui Dinas terkait di Samosir  akan dapat mempraktekkan apa yg kita Lihat di Sanggar Tenun Harungguan ini dan tentunya berkunjung kesini dgn membawa kelompok Tenun  dari Samosir,"ujar Bpk. Pardon ME Lumbanraja.

Para anggota dewan yang ikut dalam rombongan juga menyampikan kepada para pengerajin, kepala desa dan pimpinan dinas koperindak pemkab Tapanuli utara agar mau saling memberi kesempatan untuk saling memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengembangakan kerarajinan ini.

Kami juga berjanji akan membuka diri jika ada niat masyarakat di kabupaten Tapanuli Utara untuk datang ke samosir jika dirasa ada yang bisa dipelajri untuk di kembangkan di daerah ini yang dirasa ada di daerah kami. (Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami