Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Rumah & Sawah di Labuhan Deli Terendam Banjir

LABUHAN DELI, bidikkasusnews.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah desa pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara yang mengakibatkan tanggul sungai jebol. Akibatnya, 200 rumah dan 100 hektar area persawahan dusun VI-VII terendam banjir, Rabu (12/8/2020) sekitar pukul 05.30 Wib.

Kepala Desa pematang Johar, Darman membenarkan sedikitnya ada 200 kepala keluarga (KK) di daerah terdampak banjir.Selain merendam rumah, genangan juga membanjiri seratus hektar sawah. Kemungkinan padi harus ditanam ulang ketika genangan sudah surut.

"Sebelumnya, dibawah tanggul ini ada dua buah pipa yang dipasang oleh masyarakat untuk air masuk dan buang Mungkin dari rongga pipa-pipa itu semakin lama semakin terkikis, maka terjadinya tanggul jebol," Kata Darman selaku kepala Desa Pematang Johar.

Penanaman pipa tersebut, sambung Darman, Sudah puluhan tahun. Dalam rangka ini, kita selaku pemerintahan desa serta pemerintahan kecamatan dan kabupaten untuk menanggulangi tanggul jebol ini, seperti kita lihat saat ini kita mendatangkan kebutuhan untuk penutupan tanggul tersebut. Saat ini kita sedang menunggu alat-alat dari PU," tandasnya.

Dari pantauan awak media, turut meninjau tanggul yang jebol tersebut camat labuhan Deli Safi'i Sihombing, Kepala Badan BNPB/BPBD Deli Serdang Zainal A Hutagalung, KUPT PU Labuhan Deli Zainudin Ginting dan Bhabimkamtibmas Polsek Medan Labuhan Bripka Rahman.Sampai saat ini, amatan dari awakmedia bidik kasus melihat genangan air yang merendam rumah warga dan sawah belum juga surut.
(Sugito)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami