Petani Tigo Nagari Datangkan Team PT. BEST


Pasaman, Bidikkasusnews.com - Dalam Upaya menggenjot hasil Tani yang Maksimal salah seorang Tokoh Masyarakat Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Naswir, Datangkan Team PT. BEST (Bandung Eco Sinergy Teknologi) untuk memperbaiki ekonomi dan Hasil Tani Masyarakat Tigo Nagari Khususnya dan Kabupaten Pasaman Umumnya, Pada Minggu 13/12/2020 ini.

Upaya ini dilaksanakan di dua tempat yakni di kantor Bamus Nagari Binjai dan di Aula Kantor Wali Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari.

Dalam pantauan media bikas dilapangan kegiatan yang berupa sosialisasi bagi petani tentang menjaga kesuburan tanah, pemanfaatan produk dan menggenjot hasil tani.

Naswir menjelaskan tentang upaya yang di lakukannya merupakan panggilan hati karena melihat dampak negatif yang dialami oleh Petani Pasaman saat ini.

"saya sangat prihatin sekali sulitnya masyarakat mendapatkan pupuk, hasil tani yang menurun, kesuburan tanah yang semakin berkurang, maka dari itu berkat adanya koordinasi saya dengan PT. BEST ini maka masyarakat tani tampak antusias sekali untuk mamanfaatkan ilmu yang di sajikan oleh Pemateri dari dari manajemen Perusahan tersebut", ungkap Naswir yang juga salah seorang Kepala UPT SD N di Tigo Nagari ini.

Dalam kesempatan tersebut tampak juga di hadiri oleh perangkat Nagari setempat, kemudian ada Komunitas PT. Best yang berada di Sumatera Barat ini yakni Oriza Sativia dari Kota Solok,  M. Saleh nst dari Kab. Pasaman.

Sebagai Nara sumber yakni Yendrizal yang merupakan Konsultan Nasional Eko Farming telah memberikan sajian yang sangat bermanfaat kepada audiens yang hadir pada kesempatan itu.

"Eko Farming Nutrisi Tanaman Plus Restorasi Kesuburan Tanah merupakan

Solusi untuk menuju Pertanian yang Sehat dan Ramah terhadap Lingkungan" katanya Yendrizal

Beliau menjelaskan tentang Eco Farming kepada semua peserta sosialisasi.

"Eco Farming merupakan pupuk Organik Super Aktif hasil penelitian ahli pertanian  lebih dari 8 tahun telah teruji dan terbukti, yang mana mampu  mengembalikan kesuburan tanah, menjadikan tanaman sehat dan  produktif serta ramah lingkungan" urai Yendrizal.

Lebih lanjut beliau juga menambahkan bahwa Formula Eco Farming, memilki nutrisi lengkap kebutuhan tanaman  dan bakteri positif (decomposer) untuk Restorasi Kesuburan Tanah  sehingga mendekati syarat Agroekosistem Ideal, imbuh beliau lagi.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga menambahkan bahwa Eco Farming adalah pupuk atau nutrisi berbahan  organik super aktif yang sudah mengandung unsur  hara lengkap sesuai kebutuhan tanaman juga  dilengkapi dengan bakteri positif yang akan menjadi  biokatalisator dalam proses memperbaiki sifat fisik,  biologi dan kimia dalam rangka mengembalikan  kesuburan tanah.

"betapa tidak Eco Farming dapat menekan kebutuhan pupuk lainnya  sampai 25%, bahkan 0% sehingga bisa menjadi  alternatif pengembangan produksi pertanian sehat  ramah lingkungan menjadi lebih praktis, efektif, efisien  dan ekonomis atau yang sering disebut menghemat biaya pemupukan", jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Eco Farming memiliki ini dua sasaran utama yaitu yang pertaman Memperbaiki struktur dan tekstur (fisik tanah), biologi dan kimia tanah sehingga lahan menjadi sehat dan subur sebagai media tumbuh bagi tanaman dan yang kedua Menyediakan nutrisi atau unsur hara tanaman lengkap sehingga tanaman akan tumbuh normal dan sehat serta akan menghasilkan produksi panen optimal bahkan maksimal (minimal 6 kali/ musim sesuai siklus hidupnya).

Menyoal tentang manfaat Yendrizal juga menambahkan bahwa Eco Farmaing sangat bermanfaat sekali, baik itu bagi Tanah, Tanaman dan Petani itu sendiri.

"bagi tanah Eco Farming bisa meningkatkan unsur hara tanah, mengurai bahan organik dalam tanah, meningkatkan pH menjadi normal (pH 7) dan mengembalikan kesuburan lahan, sedankan manfaat bagi Tanaman itu sendiri yaitu untuk memaksimalkan potensi hasil produksi, menjadikan imunitas tanaman lebih kuat pada tanah atau tahan serangan OPT kemudian menjadikan tanaman sehat dan produktif serta mempercepat masa waktu panen, dan meningkatkan kualitas hasil panen", jelasnya.

Disamping itu beliau juga menambahkan manfaat dari Eco Farming bagi Petani itu sendiri.

"eco Farming bagi petani sangatlah bermanfaat besar, betapa tidak disini bagi petani Eco Farming dapat meringankan biaya produksi khususnya pupuk dan pestisida kimia, menjadikan alternatif pemupukan berimbang untuk semua jenis tanaman, bisa juga menekan pemakaian hingga 25% pupuk kimia dari normalnya" tambah Yendruzal sekaligus menutup pembicaraannya.

(Ayang Pardede)

Artikel Terkait

Berita|Sumbar|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami