Pelaksanaan Musrembang Desa Parlondut Berjalan Dengan Baik Dan Terlihat Antusias Masyarakat

Samosir, bidikkasusnews.com - Sebagaimana prosedur dalam pelaksanaan pembangunan di desa dimana selalu di awali dengan pelaksanaan Musrembang Desa.

Hari ini Senin, 26-1-2021 dilaksanakan Musrembang Desa di desa Parlondut Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Musrembang yang di hadiri langsung oleh Camat Pangururan bapak Bresman Simbolon. Juga hadir diantaanya : Pendamping Desa Dianto Manik, Petugas PPL Resdi br Simbolon, Bidan Desa Peroyanti Malau, Sekretaris BPD Jimson Malau, Kepala Desa Parlondut Patar Sitanggang. 

Berdasarkan daftar hadir pesarta yang hadir pada kegiatan Musrembang Desa kali ini ada sebanyak 52 orang.
Sebuah jumlah yang sangat banyak jika mengacu pada aturan protokoler kesehatan dalam pencegahan penyebaran virus covid 19 corona.
Hal ini menunjukkan antusias masyarakat desa yang hadir dengan kepentingan untuk ikut menentukan rencana pembangunan desa.

Namun melihat situasi yang berkembang di akhir akhir ini, tentang adanya peningkatan jumlah masyarakat yang terserang penyakit (virus corona) sebaiknyalah pemerintah desa bisa membatasi jumlah peserta rapat apalagi melihat pada kapasitas kantor desa yang sempit yang dijadikan menjadi tempat pelaksanaan musrembang.

Pada arahannya Camat Pangururan Bresman Simbolon menekankan kepada pemerintah desa Parlondut yakni kepala desa dan seluruh perangkat desa yang ada, agar meningkatkan disiplin. Beliau menekankan agar selalu memperhatikan jam kantor, bahwa jam masuk adalah jam 7.45 dan jam keluar kantor jam 16.15, ditambahkan pula agar aparat pemerintah desa jangan masuk lalu isi absen lalu keluar kantor tidak ada alasan yang jelas.

Hal lain diberitahukan bahwa penghasilan dari aparatur desa sudah lebih baik dari penghasilan tenaga honorer di pemkab. Samosir, jadi oleh karenanya di tekankan kepada seluruh aparatur (perangkat) desa agar bekerja dengan penuh tanggung jawab dan disiplin yang tinggi.
Aparatur desa dikatakan bisa belakukan usaha yang lain untuk menambah penghasilan, "bisa" sepanjang bisa mengatur waktu dengan baik dan tidak mengorbankan tanggung jawab sebagai aparatur desa.

Sedangkan Dianto Manik selaku Pendamping Desa menyampaikan kepada masyarakat yang hadir agar didalam hal pembangunan kita jangan hanya berharap akan kehadiran pembangunan itu sendiri tetapi hendaknya kita harus memiliki rasa tanggung jawab untuk memelihara, merawat pembangunan itu.

Kesempatan selanjutnya Resdi Simbolon sebagai PPL menyampaikan  beberapa informasi diantaranya :
Akan adanya kenaikan harga pupuk bersubsidi, begitu juga hal dimana bahwa masih belum adanya kepastian akan Kartu Tani yang akan di bagikan kepada para petani di kabupaten Samosir.

Dalam kesempatan akhir pelaksanaan Musrembang Desa di laksanakan penentuan/penetapan perangkingan atas usulan pembangunan yang sudah di hasilkan dalam pelaksanaan Musdus sebelumnya.

Ditetapkan ada 5 usulan yang paling dianggap penting untuk dilaksanakan pada pembangunan yang didanai melalui Dana Desa tahun ini.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami