BUPATI NIAS BARAT FADUHUSI DAELY BUKA SECARA RESMI MUSRENBANG RKPD KEC. MORO'Ö TA 2022


Nias barat, bidikkasusnews.com - Bupati Barat  FADUHUSI DAELY, S.Pd.,MA.,MM buka secara resmi Musrenbang RKPD Kec.Moro'ö TA. 2022 yang turut dihadiri oleh Sekda Nias Barat Bapak Prof. Dr. Fakhili Gulö, Asisten 3 (Rosedi Daeli, SE.,MM), Staf Ahli Yupiter Hia, S.IP.,MM, Kepala Bappeda Sabahati Gulö, S.Sos, Camat Moro'ö dan unsur Forkompika lainnya. Rabu, 24/02-2021 Berjalan dengan baik.

Hadir juga Watua DPRD Nias Barat Haogömanö Gulö, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, Rohaniawan dan seluruh kepala sekolah SD, SMP dan SMK  se-Kecamatan Moro'ö.

Acara diawali menyanyikan Lagu Kebangsaan Indônèsia Raya dilanjutkan dengan Laporan Camat Moro'ö yang menyampaikan dasar pelaksanaan Musrenbang dan Profil Kecamatan Moro'ö serta gambaran umum program Kecamatan Moro'ö yang mengacu pada Visi Misi Bupati & Wakil Bupati terpilih Bersih, Unggul dan Maju.


Sambutan Watua DPRD Nias Barat Haogömanö Gulö mengatakan bahwa dampak Covid-19 sungguh kita rasakan bersama bagaimana pembangunan yang telah kita rencanakan sebelumnya di tahun 2019 tidak bisa kita laksanakan di tahun 2020 kemarin hanya karena Pandemi Virus Corona. Dan, kita berharap di tahun 2021 ini akan berakhir Pandemi Covid-19 dan kembali kita menikmati pembangunan itu. Oleh karena itu, mari kita ikuti Musrenbang ini dengan baik sebagai tanda bahwa kita serius membangun Nias Barat ini, ujar Haogömanö.

Dalam arahan Tugasnya Bupati Nias Barat menyampaikan salam kepada para hadirin seraya menyampaikan Musrenbang ini adalah cara kita melakukan penanjaman, mensinergikan, mensinkronkan dan mengklarifikasi setiap usulan yang bersifat mendesak dan skala prioritas. Kita berharap dana DAK dapat membantu mendanai berbagai usulan yang berkembang dalam Musrenbang kali ini.

Di Kecamatan Moro'ö ini memiliki potensi Sawan dan jenis pangan lokal lainnya; ditambah lagi karena secara politis Kecamatan Moro'ö merupakan Wilayah strategis karena berbatasan dengan wilayah Kabupatèn Nias Utara. Hanya selama ini kita terlena dan tidak mau membangun potensi yang ada. Kita tidak mau menanam sayur-2an padahal lahan kita cukup subur, tetapi kita malah senang membelinya di pekan-pekan (pasar rakyat). Kebiasaan ini hendaknya kita sudahi dan mari kita memanfaatkan sumber daya yang ada, tutur Bupati.

Lebih lanjut disampaikan Bupati; Sumber Daya Manusia di Kecamatan Moro' ö ini cukup baik. Bupati ke-3 Nias Barat dari Kecamatan Moro'ö, Sekda Nias Barat Pertama dari Kecamatan Moro'ö dan Bupati Terpilih tahun 2020 kemarin dari Kecamatan Moro'ö serta beberapa Anggota DPRD yang semua ini potensi dan aset kita yang amat besar dan patut dibanggakan. Banyak juga potensi wisata di Nias Barat ini; ada Bukit Zaitun di Mandrehe Utara, ada Bukit Hermon di Lahömi, ada Bukit Somömö di Lölögolu-Mandrehe dan ada Bukit Golgota di Sisobaöhö Kecamatan Mandrehe Barat, papar Bupati. Selanjutnya Bupati mengajak peserta Musrenbang berdialog dgn memberikan kesempatan kepada beberapa orang untuk bertanya dan di jawab oleh beliau dan Sekda Nias Barat.

Bupati Nias Barat menghimbau kepala desa agar lahirkan inovasi dan sentuhan-sentuhan yang memberikan peluang kerja bagi masyarakat. Dalam pengelolaan Dana Desa harus disisihkan 8% untuk kebutuhan penanggunglangan Covid-19 berupa BLT bagi keluarga tidak mampu dan pos-pos lain yang sesuai dengan aturan yang ada. Kepala Desa dan Kepala Sekolah harus rajin ke Gereja dan harus mampu memberikan motifasi bagi masyarakat dalam berbuat baik selagi waktu masih ada. 

(Melinus Hia)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami