Badan Pengelola Geopark Kardera Toba- Unika St. Thomas Teken Nota Kesepahaman Edukasi.

Samosir, bidikkasusnews.com - Badan Pengelola Geopark Kardera Toba (BPGKT) dan Universitas Katolik Santo Thomas Medan menandatangani MoU atau Nota Kesepahaman tentang Edukasi.

MoU yang sama juga sebelumnya telah dilakukan BPGKT dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Institut Dell Laguboti.

Penandatanganan MoU digelar di ruang rapat rektorat lantai III Unika Santo Thomas Medan, yang dihadiri Rektor Prof Dr Drs Sihol Situngkir MBA dan para wakil rektor Dr Zakarias Situmorang, Romasi Lumban Gaol, Dr Yohannes Suhardin dan Pastor Godlib Sianipar PhD, Jumat 16-4-2021.

BPGKT diwakili Ketua Harian Mangindar Simbolon dan dari Sekretariat Debby Panjaitan dan Tiar Simarmata.

Sebelum penandatanganan, Mangindar Simbolon memaparkan tentang geopark yang saat ini berfokus pada Konservasi, Edukasi dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Sehingga, peran para lembaga pendidikan salah satunya Unika Santo Thomas akan berperan dalam edukasi.

Mantan Bupati Samosir ini juga menerangkan tentang proses terjadinya Kaldera Toba, yakni letusan dari beberapa titik letusan mulai dari Porsea, Haranggaol hingga terbentuk Danau Toba sejak 74.000 tahun lalu.

Rektor Sihol Situngkir menjelaskan, Unika Santo Thomas akan terus melibatkan diri dalam suksesnya Geopark Kaldera Danau Toba. "Kami melihat pemerintah pusat sangat serius untuk memajukan Danau Toba salah satu buktinya hadirnya Presiden Jokowi di Danau Toba, Samosir.

Dan bukan itu saja para pastor dari Unika Santo Thomaa juga sangat berkonsentrasi untuk kemajuan Danau Toba salah satu membuat kampung Inggris di Lumban Suhi di Pangururan," katanya.

Tidak itu saja, Prof Sihol berencana akan membuka program studi antropologi sosial di Unika Santo Thomas dengan tujuan para mahasiswa lokal dan mahasiswa dari luar negeri melakukan riset-riset di bidang antropologi dan budaya.

Di akhir acara, dilakukan saling tukar cenderamata dan foto bersama.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami