BI Sumut Launching QRIS di Delapan Gereja HKBP


Medan, bidikkasusnews.com - QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan salah satu inovasi kanal pembayaran berbasis QR Code yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). 

QRIS menstandarisasi berbagai QR Code pembayaran yang beragam menjadi satu QR Code yang seragam sehingga ekosistem sistem pembayaran menjadi lebih efisien. Dengan hadirnya QRIS, penjual hanya perlu memiliki 1 (satu) QR Code pembayaran yang dapat dibaca oleh berbagai macam aplikasi pembayaran digital. 

Dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat terhadap penggunaan QRIS, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan PT. BRI Kantor Wilayah Medan menginisiasi pelaksanaan sosialisasi penggunaan QRIS di lingkungan Gereja HKBP wilayah Sumatera Utara.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 30 Mei 2021 di Gereja HKBP Immanuel Ressort Patumbak Medan dan dihadiri oleh sekitar 250 jemaat dan pengurus Gereja HKBP yang hadir secara langsung dan virtual. 

Sambutan dari Pdt. German Butarbutar, S.Th selaku Pemimpin HKBP Immanuel Ressort Medan Patumbak, menjadi pembuka kegiatan sosialisasi ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Soekowardojo, selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, yang menekankan pada berbagai manfaat dan kemudahan yang akan didapat melalui QRIS khususnya di masa pandemi saat ini.

QRIS dapat menjadi alternatif sistem pembayaran yang aman dan higienis karena dapat dilakukan secara contactless, tanpa perlu bersentuhan, bahkan tanpa perlu bertatap muka. Selain itu, QRIS juga memiliki beberapa keunggulan seperti transaksi yang lebih cepat, pengeluaran tercatat, aman dan terlindungi karena diawasi Bank Indonesia, efisien tanpa uang kembalian dan bebas biaya serta kekinian dan gratis. 

Selanjutnya, pemaparan teknis pendaftaran dan penggunaan QRIS disampaikan oleh Oscar Hutagaol selaku Wakil Pimpinan PT. BRI (Persero) Tbk Wilayah Sumatera Utara. 

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan launching  di delapan) gereja HKBP yang telah memiliki QRIS ditandai dengan penyerahan QRIS secara simbolis dan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 ribu dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo. Para peserta yang hadir secara langsung juga mendapat kesempatan untuk merasakan pengalaman langsung bertransaksi menggunakan QRIS. 

Dengan adanya hal tersebut, diharapkan peserta kegiatan dapat lebih memahami kemudahan dan manfaat bertransaksi secara nontunai menggunakan QRIS. 

“Kedepannya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara akan terus berupaya meningkatkan literasi dan akseptasi QRIS di masyarakat,” kata Soekowardojo.

Selain itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara juga akan terus mendorong Perusahaan Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) agar semakin intensif dalam hal akuisisi merchant di berbagai komunitas guna mendorong ketersediaan layanan pembayaran nontunai serta pemulihan ekonomi di wilayah Sumatera Utara.  

(Ariansyah Lubis)

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami