CAMAT ARIFIN TETAPKAN ARAH KIBLAT UNTUK SHALAT DI MUSHALLA MELALUI VOTING


Labura, bidikkasusnews.com - Karena jemaah Mushalla ada yang berselisih paham mengenai arah kiblat. Jemaah mushallapun meminta kehadiran MUI untuk membetulkan arah kiblat shalat di Mushalla AL IKHLAS lingkungan Sei.Semburung kelurahan Tanjung Leidong kecamatan Kualuh Leidong kabupaten Labura.

Atas undangan jemaah Mushalla melalui lisan ini ketua MUI kecamatan Kualuh Leidong Ustadz Hidayat SPd,I telah menghadirinya dan didampingi camat Kualuh Leidong Arifin SPd dan disertai hakim dari pegadilan agama Labuhan Batu. Senin 01/03 yang lalu.

Perintah dari Kemenag Labura melalui MUI Kualuh Leidong arah kiblatpun dibetulkan, mulanya arah kiblat itu barat tepat setelah dibetulkan MUI maka arah kiblat itupun digeser ke barat laut sekira 24 drajat. Penggeseran ini disaksikan ketua BKM Arpen, pemuka agama H. Abdul Wahab Amto, pemuka masyarakat Bahriun, dan para jemaah shalat seperti Muhammad Yasir, Umar, Lobe Dayat dan Finris. Walaupun  ketua BKM Arpen tidak setuju atas pembetulan arah kiblat ini,  jemaah shalat tetap ramai dihadiri baik laki-laki maupun perempuan, mulai dilakukan shalat 5 waktu, shalat Terawih, dan shalat Idul Fitri.

Walaupun pembetulan arah kiblat sudah berjalan sekira tiga bulan lebih, namun karena menolak pembetulan arah kiblat yang dilakukan MUI, Arpen mengundang sebanyak banyaknya warga awam dengan cara tertulis untuk musyawarah penggeseran arah kiblat lagi, musyawarah ini dipimpin camat Arifin SPd. Rabu 09/06/2021 di mushalla AL IKHLAS.

Camat Arifin menanyakan kepada warga awam yang telah hadir diundang Arpen, "Kita musyawarah melalui voting apakah setuju? jika setuju berdirilah", yang hadir membisu sejenak, lalu Arpen berdiri, melihat Arpen berdiri sekira 54 orang menyetujuinya lalu berdiri pula, sedangkan yang lain tetap duduk tapi jumlahnya sedikit.

Penggeseran arah kiblatpun dimusyawarahkan dengan cara voting, hasil voting menunjukkan suara terbanyak adalah menolak arah kiblat yang dibetulkan MUI, mereka warga awam ini maunya arah kiblat itu barat tepat yang diinginkan Arpen cs.

Camat Arifin memutuskan arah kiblat shalat di mushalla AL IKHLAS suara terbanyak yaitu arah barat tepat seperti yang dikehendaki Arpen cs, namun ini untuk sementara, jika ada alasan yang lebih diterima, arah kiblat kembali seperti yang ditetapkan ketua MUI Ustadz Hidayat SPd,I.

Setelah musyawarah selesai banyak yang mengaku kepada media ini bahwa Arpen (Pengusaha minyak dan kapal ikan) memberi mereka uang Rp.50.000/orang. Namun mereka tidak mau dituliskan namanya disini.

Kelihatan yang hadir sekira 70-an.

Atas kejadian ini warga heboh dan banyak yang tidak mau lagi datang untuk shalat berjemaah di mushalla AL IKHLAS. Kami  hanya mau meneria keputusan yang berwenang dalam hal ini kata mereka kepada media ini.

(Abu Sofyan)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami