PELAKSANAAN DANA DESA TAHUN 2021 DI DESA MAZINGO MANDREHE BARAT BERJALAN DENGAN BAIK


Nias Barat, Bidikkasusnews.com - Mazingo salah satu Desa yang menerapkan Keterbukaan informasi dan transparansi penggunaan mengenai Dana Desa di salah satu Kecamatan Mandrehe Barat, walaupun diakui Kepala Desanya An. Hezekieli Zebua dalam memimpin dan menerapkan transparansi Penggunaan Dana banyak tantangan dan godaan, tapi itu tidak menyurutkan Niat tulus dari sang Kepala Desa. Ianya terus berupaya dan melakukan yang terbaik demi kemajuan Desanya, agar nantinya setelah masa Jabatannya berakhir setidaknya warga masyarakat Desa Mazingo punya kenang-kenangan untuk diingat bahwa semasa beliau memimpin (Red. Hezekieli Zebua) banyak perubahan-perubahan di Desa Mazingo Kecamatan Mandrehe Barat.

Tak hanya retorika dan wacana belaka, memang diakui Enius Warisman Zebua (Tokoh Masyarakat Desa Mazingo) bahwa selama kepemimpinan Hezekieli Zebua (Kades Mazingo) banyak perubahan dan perkembangan di Desanya baik di bidang pembangunan, pembukaan jalan, dll sehingga dengan adanya pembangunan-pembangunan tersebut, masyarakat tak hanya merasakan manfaat tetapi juga dapat meningkatkan taraf penghasilan/ perekonomiannya secara bertahap, karena setiap adanya kegiatan fisik di Desa Mazingo, terlebih dahulu Kepala Desa dan Aparat Desa memberikan kebebasan dan keleluasaan bagi masyarakat Desa untuk bekerja dalam kegiatan tersebut. Sehingga Dana Desa Mazingo dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat Desa itu sendiri. Tutup Tokoh Masyarakat di Desa Mazingo tersebut.



Merasa Penasaran dengan Penuturan salah seorang tokoh masyarakat desa tersebut, tak lupa Tim Bidikkasusnews.com juga menanyakan beberapa hal terkait Anggaran Dana Desa dan penggunaanya pada Tahun 2021 ini kepada Sekdes Mazingo (Sonifati Zebua), menjelaskan secara rinci bahwa Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 ini cukup memuaskan dan berjalan dengan baik, dimana Kegiatan yang sudah dilaksanakan, yaitu :

1. Pembagian BLT Tahap I-VI (Periode Januari s/d Juni)

2. Kegiatan Penanganan Covid-19 (Pembagian Masker, Makanan Tambahan, dll)

3. Pembagian Makanan Tambahan pada Kegiatan Posyandu (Bayi, Batita, Balita, Bumil dan Lansia)

4. Penetapan dan Pendataan IDM (Indeks Desa Membangun) Berbasis SDGs.

5. Dan beberapa kegiatan lain yang berhubungan dengan penanganan Covid-19 dan Pembangunan Manusia di Desa Mazingo. 

Atas Dasar penelusuran dan penggalian informasi tersebut Tim Bidikkasusnews.com Nias Barat mengacungi Jempol Kepada Desa Mazingo dan Aparat Desanya beserta warga masyarakat yang telah turut ambil bagian dalam menyukseskan Pembangunan di Desa Mazingo. Kemudian juga, Tim memacu dan menghimbau kepada Desa-desa lain khususnya di Nias Barat, agar menciptakan suasana yang aman dan tentram di Desanya masing-masing sehingga terciptanya Desa yang Bersih, Unggul, Maju sesuai dengan Visi-Misi Khenoki - Era-Era, demi mewujudkan Nilai-nilai luhur Pancasila untuk kemakmuran warga Desa yang transparan. 

(Melinus Hia)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami